Beranda Metropolis Hari Ini Launching Rumah Baca Bhayangkara

Hari Ini Launching Rumah Baca Bhayangkara

BOGOR–Mendirikan perpustakaan mungkin sudah biasa. Kali ini, rumah baca dengan sejumlah keunikan tengah digarap Polresta Bogor Kota dan Komunitas Buka Mata. Tempat bernama Rumah Baca Bhayangkara yang mengedepankan konsep polisi sebagai orang tua asuh masyarakat, hari ini (3/2) di-launching di RW 07 Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat.

Founder Komunitas Buka Mata, Ahmad Furqon mengatakan sempat menyampaikan konsep pemberdayaan masyarakat melalui rumah baca pada Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya pada Oktober lalu. Kemudian ide tersebut disambut baik, sehingga bisa disebut bakal masuk program unggulan dari Polresta Bogor Kota.

Mereka pun sepakat menamakan tempatnya sebagai Rumah Baca Bhayangkara. Sebab, akan banyak anggota Polresta Bogor Kota yang terlibat di dalamnya. “Dalam rangka lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat, maka dibungkus oleh program. Namanya Gerakan Polisi Orangtua Asuh,” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin (2/1).
Bukan sekadar perpustakaan yang menyediakan beragam buku di dalamnya, di Rumah Baca Bhayangkara akan selalu padat agenda dengan berbagai aktivitas. Mulai pelatihan-pelatihan hingga sosialisasi kemasyarakatan.

universitas pakuan unpak

“Jadi, ini bukan sebatas membangkitkan gemar membaca masyarakat, tetapi diharapkan meningkatkan peran serta warga juga untuk keamanan dan ketertiban masyarakat,” terangnya.

Proses penentuan tempat rumah baca tersebut tidak semata-mata dipilih lantaran ada tempat kosong. Pasalnya, RW 07 Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, memenuhi kriteria dari empat tempat yang disurvei. Salah satunya, berlokasi di tengah-tengah permukiman penduduk.

Pada peresmian hari ini, diagendakan hadir Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto, yang rencananya menyerahkan bingkisan berupa alat tulis kepada masyarakat sekitar. Selain itu, kegiatan juga diisi pengukuhan Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya sebagai orang tua asuh RW 07 Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat.

Sementara itu, Kombes Ulung Sampurna Jaya mengajak anak-anak untuk gemar membaca. “Kami memiliki program Gerakan Polisi Orangtua Asuh, salah satunya menyediakan fasilitas membaca bagi anak-anak,” kata Ulung saat meninjau persia­pan launching Pojok Mem­baca di Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Kamis (1/2).

“Banyak anak yang kesulitan membeli buku, maka kita drop buku-buku di sini agar mereka gemar membaca dan menambah pengetahuan,” sambungnya. Dia juga mengajak anggotanya di jajaran Polresta Bogor Kota untuk ikut serta menyumbangkan buku-buku yang layak dibaca anak-anak.(fik/c)