25 radar bogor

KPU: Saatnya Manfaatkan Medsos

KPU: Saatnya Manfaatkan Medsos
SISTEM: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman saat memperkenalkan SIPOL beberapa waktu lalu.

JAKARTA–Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menilai, media sosial (medsos) mempunyai peranan penting dalam menyuk­seskan pelaksanaan Pilkada 2018. Me­ngingat, sebagian besar mas­yarakat kini sangat aktif menggunakan medsos dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itu, penggunaan medsos penting dipastikan tidak disalah­gunakan dengan penyebaran informasi bohong dan informasi negatif.

”KPU menyadari, penggunaan sarana ini penting untuk membangun kepercayaan publik,” ujar Arief saat penandatanganan nota kesepakatan tentang manajemen dan pengawasan konten internet dalam penyeleng­ga­raan pilkada antara KPU, Bawaslu dan Kementerian Komunikasi dan Informatika di kantor Bawaslu, Jakarta, kemarin (31/1).

Arief menilai, penyelenggara juga dapat memanfaatkan medsos seba­gai salah satu sarana menuju pilkada bersih. Caranya, senantiasa tran­sparan memaparkan setiap kebijakan yang diambil.

Langkah ini menjadi penting demi meningkatkan kepercayaan publik, sehingga tingkat partisipasi masya­rakat dalam memilih nantinya bisa maksimal. ”Saya kira, kalau tingkat keper­cayaan publik rendah, maka apa pun yang dikerjakan orang selalu curi­ga dan berprasangka buruk. Tapi, ketika semua disajikan transparan dan cepat, orang percaya dan tidak akan menuding penye­lenggara tidak mandiri dan berpihak,” ucapnya.

Arief optimistis dengan adanya sikap tran­sparan dari penyelenggara dan ada­nya pengawasan yang baik dalam penggunaan media sosial, maka pe­nyebaran berita bohong bisa dimi­nima­lisir. Dengan demikian demokrasi da­­pat berjalan dengan baik.(gir/jpnn)