Beranda Bogor Raya Mitos Enteng Jodoh di Curug Cibeureum

Mitos Enteng Jodoh di Curug Cibeureum

Foto: galuh/radar bogor
MITOS: Salah satu pengunjung foto di Curug Cibeureum.

TANJUNGSARI–Banyaknya pesona alam yang menyuguhkan keindahan di Bumi Tegar Beri­­man, ternyata juga menyelipkan cerita mitos di dalamnya. Seperti Curug Cibeureum di Kam­­pung Cibeureum, Desa Buanajaya, Keca­matan Tanjungsari. Curug tersebut dipercaya dapat memudahkan orang dalam mencari pasangan.

Yadi (45) warga sekitar mengatakan, sejak dahulu masyarakat percaya, bila ingin cepat-cepat mendapatkan pasangan, maka harus dimandikan di curug tersebut, sehingga dapat memperlancar jodoh. ”Yang memandikannya juga harus juru kunci dari curug ini,” ujarnya kepada Radar Bogor, (28/1).

Ia menjelaskan, biasanya setelah dimandikan di curug tersebut, dua hingga tiga pekan kemudian akan mendapatkan jodoh.

universitas pakuan unpak

Menurutnya, bukan hanya masyarakat sekitar yang datang untuk mandi di curug yang terletak di kaki Gunung Sanggabuana ini, melainkan juga warga dari luar Kecamatan Tanjungsari. ”Mereka sengaja datang ke sini khusus untuk mandi supaya dapat jodoh,” tuturnya.

Senada, Acep (40) mengaku, Curug Cibeureum merupakan salah satu potensi wisata yang ada di daerahnya. Namun sayang, infrastruktur menuju curug tersebut masih belum dipersiapkan dengan baik.

Sehingga masih sedikit masyarakat yang mengetahui keindahan curug tersebut. ”Curug ini masih belum diketahui oleh banyak orang, sehingga suasananya pun masih asri,” ungkapnya.(rp2/c)