Beranda Bogor Raya Barat Utara Personel Lanud Latihan Hanlan

Personel Lanud Latihan Hanlan

Pentak Lanud ATS for Radar Bogor
LATIHAN: Pengarahan pasukan oleh Kasikamhanlan, Letkol Pas Agus Sutopo, dilanjutkan dengan pengorganisasian pasukan oleh Seksihanlan Disops Lanud Ats pada pelaksanaan Latihan Hanlan Lanud Ats, Rabu (24/1).

KEMANG–Mengantisipasi berbagai bentuk ancaman dan sabotase yang sewaktu-waktu dapat terjadi, Lanud Atang Sendjaja (ATS) melaksanakan latihan pertaha­nan pangkalan (Hanlan), Rabu (24/1) lalu.

Ada beberapa bentuk latihan yang dilakukan yaitu droping pasukan, patroli, pengintaian, serangan fajar, dan perebutan pangkalan. Lati­han tersebut dii­kuti seluruh praju­rit Lanud ATS Kompi C Paskhas dan jajaran Wing Pendidikan Umum (Wingdikum).

Sebelum latihan Hanlap, dilakukan apel pagi yang dipimpin Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud ATS Kolonel Pnb Muzafar. Dalam arahannya, ia mengingatkan setiap personel agar menjaga keamanan dan material selama latihan berlangsung.

universitas nusa bangsa unb

“Agar selama pelak­sanaan latihan Han­lan ini, semua dapat berjalan de­ngan selamat dan aman,” jelasnya.

Setelah apel pagi, dilanjutkan dengan pengarahan oleh Kasikam­hanlan Lanud Ats, Letkol Pas Agus Sutopo. Pengarahan dititik­beratkan pada proses pelaksanaan latihan sehingga dapat ber­langsung secara teratur.

Selanjutnya dilakukan pengor­ganisasian latihan, dimulai dari pembentukan kompi, peleton dan regu dan penunjukan danyon, danki, danton serta danru. Dilanjutkan pembagian lokasi pendudukan pasukan.

Langkah selanjutnya adalah pergeseran pasukan untuk me­nempati kedudukan yang telah ditentukan untuk masing-masing kompi. Untuk area latihan drill kering dan gelar pasukan di­laksanakan di Main Apron Lanud ATS. Sementara perebutan pangkalan akan dilaksanakan di lokasi-lokasi yang sudah diatur oleh Seksi Kamhanlan Disops Lanud ATS.

Menurut Kasikamhanlan Lanud ATS Letkol Pas Agus Sutopo, latihan Hanlan selain untuk mengantisipasi ancaman dan sabotase dari orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab, juga untuk melatih kesiapsiagaan prajurit.

“Latihan-latihan seperti ini adalah hal yang sangat penting. Karena itu, pahami apa yang diarahkan dan laksanakan sesuai prosedur yang dibuat,” tegasnya.(*/rur)