25 radar bogor

Terminal Dikelola Pihak Provinsi

Terminal Cileungsi

CILEUNGSI–Pengelolaan Terminal Cileungsi saat ini sudah berpindah tangan. Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014, terminal tipe B yang merupakan pelayanan transportasi angkutan kota dalam provinsi (AKDP) ini, hanya tinggal menunggu proses serah terima aset terminal dari Dinas Perhubu­ngan (Dishub) Kabupaten Bogor kepada pihak Provinsi Jawa Barat.

Kabid Angkutan dan Teminal Dishub Kabupaten Bogor, Dudi Rukmayadi mengatakan, saat ini terminal sudah dilakukan serah terima sumber daya manusia(SDM) saja.

Ke depan, fungsi dari terminal tersebut tidak akan berubah, hanya akan lebih dioptimalkan. “Di sana tidak hanya untuk angkot, tapi banyak bus AKDP yang bisa menggunakan terminal,” jelasnya.

Pengamat transportasi Budi Arief mengatakan, pemerintah seharusnya mencontoh sistem pengembangan terminal di luar negeri. Mereka tidak bangun terminal besar tapi lebih memperbanyak shelter.

”Selain itu sistem dari angkutan umumnya. Transportasinya bergerak terus tidak berhenti dan bersistem, trayeknya punya jadwal. Jadi, angkutan umum tidak sempat ngetem dan bikin macet,” imbuhnya.(cr2/b)