Beranda Bogor Raya Kesejahteraan Masyarakat Jadi Prioritas

Kesejahteraan Masyarakat Jadi Prioritas

CIAWI–Peningkatan kese­jah­teraan masyarakat jadi prio­ritas utama Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Ciawi di 2018. Hal ini akan sejalan dengan pembenahan sejumlah infrastruktur dan daya saing ekonomi berbasis potensi wilayah.

Itu pula yang jadi bahasan utama dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Ciawi belum lama ini. ”Setiap investasi pembangunan, harus berdampak pada penyelesaian masalah sosial atau mendorong peningkatan ekonomi,” ujar Kabid Pemerintahan dan Pendanaan Pembangunan pada Bappeda Kabupaten Bogor Dadang Iskandar kepada Radar Bogor.

Ia mengatakan, dari hasil musrenbang, banyak usulan yang masih kewenangan peme­rintah desa. ”Oleh karenanya, saya mengajak aparatur desa mengkaji program-progr­am pembangunan dalam lima tahun ke depan,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Ciawi Bambang Setiawan mengatakan, akan memilah usulan yang bisa diatasi desa dan program yang harus didorong ke Pemkab Bogor. Yakni, harus disertai 25 penciri kabupaten termaju. ”Transportasi masyarakat dan akses sekolah, usulan itu harus terintergrasi. Kemudian akan kami akomodir,” sebutnya.

Saat ini, lanjutnya, Pemcam Ciawi juga sudah mendata prioritas yang dibutuhkan dalam tiga skala. ”Seluruhnya menyangkut insfrastuktur dan pengembangan ekonomi.

Termasuk mendorong usaha mikro dan kecil menengah (UMKM). Sebab, Ciawi memiliki 400 pelaku usaha dan harus didorong untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.(don/c)