Beranda Bogor Raya Bentuk Kampung Ramah Lingkungan

Bentuk Kampung Ramah Lingkungan

RAMAH LINGKUNGAN: Suasana asri Kampung Wisata LPB di Kampung Lebak Pilar RW 04, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, kemarin.

CIAWI–Tak mudah meng­ubah suatu wilayah menjadi ramah lingkungan. Kesadaran dianggap menjadi komponen utama dalam mewujudkan hal tersebut. Hal itu juga yang mendasari warga Kampung Lebak Pilar RW 04, Kompleks PPMKP, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, membentuk kawasan wisata kampung ramah lingkungan.

Tempat piknin yang disebut Kampung Wisata LPB tersebut, terbentuk atas kesadaran masyarakat setempat. Secara kolektif, LPB juga mampu menciptakan dan melak­sanakan program pembangunan.

”Khususnya pembangunan lingkungan yang berbasis kemasyarakatan di bidang kebersihan. Ini juga sebagai bentuk perwujudan partisi­pasi aktif terhadap program peme­rintah daerah maupun pusat,” terang Ketua Tim Motivator Kampung Ramah Lingkungan Kampung Lebak Pilar, Dede Supardi kepada Radar Bogor usai peresmian, kemarin (18/1).

Program tersebut, sambung­nya, meliputi kegiatan penanganan sampah dan limbah lingkungan. Serta sarana pengelolaan bank sampah, pengelolaan sampah berbasis masyarakat, dan pe­ngelolaan instalasi pengolahan air limbah (ipal).

Selain itu, menurut Dede, ada beberapa program lain seperi kawasan ramah pangan lestari, rumah kreatif peman­faatan sampah masyarakat, pusat usaha ekonomi produktif karang taruna, serta pemba­ngunan Kebun Raya Mini Awi Geulis (Pring Ayu), dan peningkatan seni budaya Pasundan.

”Pembangunan dilakukan sejak tahun lalu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor. Pesan yang ingin disampaikan adalah dengan menjaga alam, hal sebaliknya akan berlaku pada diri kita,” tukasnya.(dka/c)