Beranda Bogor Raya Mengenal Komunitas GSX Club Indonesia Chapter Cileungsi

Mengenal Komunitas GSX Club Indonesia Chapter Cileungsi

PEDULI: Selain kopdar, para member GCI Cileungsi juga rutin mengadakan pengajian dan santunan.

Mengedepankan pekerjaan, keluarga, hobi serta keselamatan dalam berkendara menjadi tagline GSX Club Indonesia (GCI) Chapter Cileungsi, Kabupaten Bogor. Klub motor 150-600 cc yang terbentuk pada Maret 2017 ini patut menjadi contoh dalam berkomunitas.

Meski isu geng motor sedang negatif di masyarakat, Plt Wakil Ketua GSX Cileungsi Andi Wawoe mengatakan, komunitas­nya dijamin jauh dari keonaran dan mengganggu aktivitas masyarakat. ”Pertama terbentuk, belum sebulan anggota sudah mencapai puluhan,” ujarnya.

Klub ini, kata dia, merupakan hasil bentukan dari salah satu perusahaan otomotif besar di Indonesia. Sehingga, saat ini GCI berdiri secara resmi di tiap-tiap kecamatan Kota maupun Kabupaten Bogor. ”Anggota kami saat ini dari sekitar Cileungsi seperti Bantargebang, Setu, Cibubur, Gunung Putri bahkan Jonggol. Alhamdulillah, saat ini terdata 45 member,” jelasnya.

Adapun program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, kata Andi, beberapa pembalap dunia MotoGP akan meet and greet dengan GCI. Namun, untuk GCI Cileungsi program yang diusung berupa pengajian bagi para member setiap malam Jumat di aula penasihat GCI Cileungsi Ustaz Abeey. ”Beliau merupakan ustaz yang kerap tampil di salah satu televisi nasional, beliau juga penasihat kami.Program lainnya baksos dan santunan untuk anak yatim,”tuturnya.

Menanggapi seruan masyarakat mengenai aksi kriminal yang dilakukan oknum atau berandalan bermotor, lanjut Andi, merupakan oknum dari klub independen yang tidak memiliki pengakuan resmi. Bagi GCI, hal tersebut tidak mungkin terjadi, pasalnya seluruh member dari berbagai chapter yang tersebar sudah terkoordinasi dengan kepolisian pada wilayah masing-masing.

”Kalau kami pasti terpantau, kami juga tercatat di Polsek Cileungsi melalui nomor registrasi anggota. Peraturan kami pun lebih diperketat agar tidak ada member GCI yang menyimpang. Jadi kalau ada member yang macem-macem pasti terkoordinir,” tegasnya.

Andi mengklaim, komunitasnya punya banyak keuntungan bagi member. Seperti menjalankan program-program bersama, menambah tali persaudaraan, hingga berbagi pendapat mengenai motor yang menjadi hobi bersama.

”Jadwal kumpul kami di Metland Cileungsi pukul 20.00 WIB. Biasanya kalau kumpul bahas agenda atau berita-berita dari pusat. Kami duduk bersama dan berbagi pendapat antaranggota, apa pun, termasuk spare part yang dibutuhkan motor GCI,” tambahnya.(cr2/c)