Beranda Bogor Raya ”Tua-tua” Mengasyikkan

”Tua-tua” Mengasyikkan

ZADUL UNIK: Sebagian anggota Komunitas Sepeda Onthel Cibubur pose di depan sepeda andalannya.

CIBUBUR –Pencinta sepeda tua atau yang familiar disebut onthel ternyata masih digandrungi sebagian masyarakat. Sepeda yang identik dengan keantikannya ini, masih sering berkeliaran setiap Minggu pagi di Kota Wisata Cibubur.

Ya, mereka menamai perkumpulannya dengan nama Komunitas Onthel Cibubur ‘de Koempoel’. Komunitas yang bermarkas di Kota Wisata Cibubur ini memiliki banyak keunikan. Yang paling terlihat pada koleksi sepeda-sepeda tua yang dimiliki para anggotanya.

”Sepeda onthel merupakan alat transportasi yang sangat murah, asyik, dan ramah lingkungan pada zaman dulu. Karena kedua manfaat itulah, banyak orang yang menyukai onthel,” terang Rahman Aziz, salah satu pendiri Komunitas Onthel Cibubur ‘de Koempoel’.

universitas ibn khaldun bogor uika

Meski begitu, lanjut dia, keberadaan sepeda onthel kini mulai sedikit terabaikan. Padahal, alat transportasi yang ramah lingkungan ini juga merupakan alat yang bisa digunakan untuk berolahraga. Dengan mulai meredup­nya onthel, maka dari itu, komunitas meng­ajak masyarakat untuk kembali cinta dengan sepeda yang khas dengan bentuknya ini.

”Kami terbentuk karena kesamaan hobi serta situasi keterbatasan referensi dan keterbatasan ketersediaan onderdil. Maka dari itu, terbentuklah satu komunitas di mana kita bisa berbagi, bertukar informasi, dan yang pasti sharing onderdil,” kata dia lagi.

Sepeda onthel cukup merakyat, membuat siapa pun bisa masuk komunitas di daerahnya masing-masing. Dengan begitu, nama komunitas pencinta sepeda onthel bisa semakin berkembang dan meluas. Meski hobi mengoleksi sepeda tua, bukan berarti anggotanya tidak diisi dengan anak muda.

”Anggota kami sekarang puluhan, banyak anak mudanya juga. Kami sering kumpul di Kota Wisata hampir setiap Minggu pagi. Berkeliling, sambil bertukar informasi soal tren terbaru yang ada di sepeda onthel. Tahun ini juga semoga anggota semakin bertambah dan banyak event yang bisa kami ikutsertakan,” harapnya.(dka/c)