Beranda Bogor Raya Pelanggar Didominasi Parpol

Pelanggar Didominasi Parpol

(Sofyan/ Radar Bogor) TEGAS: Tim DPKPP membongkar spanduk yang tak berizin dan merusak estetika, kemarin.

CIBINONG–Maraknya spanduk tak berizin, membuat Dinas Peruma­han, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor lebih bekerja keras.

Pelaksana Bidang Reklame pada DPKPP Kabupaten Bogor, Agoes Boedi mengungkapkan, wilayah penertiban paling banyak ada di Cibinong. Di antaranya simpang Cibinong City Mall (CCM), Cikaret, dan Kandang Roda. “Yang kami tertibkan kebanya­kan baliho dan spanduk partai politik, baik yang tak berizin maupun yang dipasang di pohon, tiang listrik dan lokasi lainnya yang tak sesuai tempat,” ujar dia kepada Radar Bogor usai me­ner­tibkan spanduk, kemarin (15/1).

Sebelumnya, ia mengaku telah berkoordinasi dengan partai politik maupun tim sukses untuk melakukan pencopotan sendiri. Namun, rupanya hal itu tak juga dilakukan sehingga pihaknya bongkar paksa. ”Rata-rata kondisinya sudah jelek dan penem­patannya membahayakan pengguna jalan,” tuturnya.

Agoes mengungkapkan, spanduk liar biasanya dipasang pada malam hari ketika petugas tak berpatroli. Tak heran, kerap kali terjadi kucing-kucingan. Selain di Cibinong, kata Agoes, penertiban juga dilakukan di 39 kecamatan lainnya dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Kalau jadwal memang seminggu dua kali kami lakukan penertiban spanduk, baik itu parpol maupun komersil,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Ketertiban Umum (Tibum) pada Satpol PP Kabupaten Bogor, Ruslan mengaku, telah memberikan peringatan kepada partai politik maupun tim sukses terkait penempatan alat peraga. Tak hanya Satpol PP, ia juga menggan­deng Kesbangpol dan SKPD terkait untuk koordinasi lintas sektoral.

”Dalam waktu dekat akan kita ter­tib­kan spanduk atau baliho tak beri­zin, kami tidak akan pandang bulu dalam penertiban ini,” pung­kasnya.(rp2/c)