Beranda Bogor Raya Gunung Mas Siap Ditempati

Gunung Mas Siap Ditempati

CISARUA–Cut and feel di rest area PT Perkebunan Nusantara VIII di lahan HGU Gunung Mas akhirnya selesai. Dalam waktu dekat, pemerintah juga akan membangun kios untuk ditem­pati para pedagangan kaki lima (PKL).

Camat Cisarua Bayu Rakhma­wanto mengatakan, saat ini lo­kasi yang berada di Jalan Raya Pun­cak tersebut akan dibangun kios sementara. Namun, relokasi dila­kukan sebelum pem­bongkaran.

”Cut and feel-nya sudah selesai 100 persen. Kami membantu memindahkan dulu para PKL yang terkena pem­bongkaran,” ujarnya kepada Radar Bogor.

universitas pakuan unpak

Dia menjelaskan, penataan rest area Gunung Mas perlu proses bertahap. Setelah tahap pertama relokasi, barulah mem­bangun infrastrukturnya. Saat ini, kata dia, tengah memasang dan mem­perbaiki irigasi.

Hal itu sehu­bungan dengan adanya keluhan warga soal sumber mata air. Sebab, lokasinya dekat dengan sungai di sekitar pemukiman warga Tugu Selatan. ”Airnya digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya.

Untuk pembangunan sarana umum seperti musalah dan bangunan lainnya, lanjut Bayu, akan segera masuk dan waktu pembangunannya dilaksanakan tahun ini. Untuk sementara, kata dia, pedagang dan pengun­jung bisa menggunakan sarana warga di sekitar rest area.

Sebelumnya, Bupati Bogor Nurhayanti menandatangani MoU ini sebagai lahan relokasi PKL dan pengembangan rest area di kawasan Puncak. Ter­dapat 5 hektare yang diberikan dengan tempo perjanjian selama lima tahun dengan dua tahun MoU kesepakatan bersama.

”Dari 5 hektare ini, satu hektare kami gunakan untuk relokasi para PKL tahap kedua. Sekarang sedang ada pem­bukaan dulu,” ujarnya kepada Radar Bogor. Jika sudah disetu­jui maka dalam waktu dekat dilan­jutkan ke pelelangan untuk pembuatan kantung kios.

Asisten Ekonomi dan Pem­bangunan Pemda Kabupaten Bogor, Rustandi mengatakan, pem­da mengalokasikan angga­ran untuk penataan lingkungan rest area dan pembangunan masjid sebesar Rp10,9 miliar. Di rest area tersebut akan dibangun sebanyak 354 kios.(don/c)