Beranda Bogor Raya Sampah di Puncak Menggunung

Sampah di Puncak Menggunung

KERJA BAKTI: Anggota Koramil 2124/Cisarua, Polsek Cisarua, dan warga sekitar bergotong royong membersihkan sampah.

CISARUA–Puluhan anggota Koramil 2124 dan Polsek Cisarua membenahi sampah yang menggunung di ja­lan alternatif Gadog-Cikopo Selatan-Pasar, Kampung Cidokom, Desa Kopo, Kecamatan Cisarua.

”Kami mengawasi lokasi dan masyarakat dalam membuang sampahnya didampingi Binmas dan Babinsa. Termasuk peneguran dan pembinaan,” kata Komandan Koramil Cisarua 2124 Mayor Inf. Y Heru Wibowo kepada Radar Bogor, kemarin (12/1).

Berdasarkan laporan warga, selain warga setempat, sampah juga berasal dari wisatawan yang melintas di jalur alternatif tersebut. Sebab, kata Heru, Puncak merupakan salah satu lokasi destinasi wisata.

Dia juga menegaskan, bagi warga ataupun wisatawan yang tertangkap tangan, petugas polsek dan koramil berhak memberi pembinaan sekaligus hukuman. Di antaranya, melantunkan lagu kebangsaan dan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) atau Eka Prasetya Pancakarsa. ”Tempat buang sampah itu ada tempatnya, tidak di pinggir jalan. Ini kan mengganggu kesehatan, kenyamanan, serta keindahan lingkungan,” tegasnya.

Untuk pembenahan lokasi, pengangkutan sampah akan dilakukan malam hari. Tercatat, lebih dari 100 karung dan satu meter dari dua meter ketinggian sampah masih tersisa. Pembersihan dilakukan bertahap. ”Kami manual saja, tidak pakai alat berat,” kata Heru.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Kopo Agus Bekti mengatakan, setelah disterilisasi pihaknya akan membangun lokasi pembuangan sampah. Selain itu, desa juga melibatkan TNI/Polri -dalam hal ini Babinsa dan Babinmas- dalam satgas sampah.(don/c)