Beranda Bogor Raya Tol Jadi Tempat Sampah

Tol Jadi Tempat Sampah

Romadhoni /Radar Bogor
NIKMAT: Pramusaji Waroenk Gaga menunjukkan salah satu menu andalannya.

CIAWI–Keberadaan sampah bukan pada tempatnya lagi-lagi menyita perhatian. Ironisnya, sampah-sampah tersebut dibuang di sekitaran tol.

Pantauan Radar Bogor, bau sampah tercium jika melewati gerbang Tol Ciawi. Menurut Kepala UPT Kebersihan Ciawi pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor Sofian Hoerudin, pemerintah desa harus punya program khusus. Terutama dalam mengatasi dan sosialisasi penanganan sampah.

Ia juga meminta masyarakat tidak berpangku tangan dan menyalahkan petugas kebersihan.

universitas pakuan unpak

”Tadi sudah diatur ke petugas untuk diangkut. Ini harus ada sinergitas juga antara desa dan warga. Kami sudah kewalahan menampungnya. Ditambah di lokasi yang bukan tempat sampah,” katanya kepada Radar Bogor.

Terpisah, Kepala Desa Ciawi Nana mengaku telah memiliki program dalam penanganan sampah. Seperti membeli sepeda motor roda tiga untuk mengangkut sampah. Hanya saja, penarikan dari DLH tak pernah tuntas. ”Sampah malah ‘ditabung’. Akibatnya jadi menumpuk,” kecamnya.

Terkait lokasi sampah liar yang masuk area tol, ia sudah menginstruksikan pegawainya untuk melakukan penutupan. ”Tidak boleh ada yang buang lagi. Nunggu ditarik semuanya sampai bersih,” pungkasnya.(don/c)