25 radar bogor

Rossi Sindir MotoGP Thailand

MASIH ANDALAN: Valentino Rossi saat menjajal motornya di lintasan sirkuit.
MASIH ANDALAN: Valentino Rossi saat menjajal motornya di lintasan sirkuit.

BURIRAM–Penggemar MotoGP, khususnya di Asia Teng­gara, punya pilihan menon­ton langsung balapan selain di MotoGP Malaysia. Tahun ini, satu di antara 19 seri akan digeber di Thailand, di Sirkuit Chang International, Provinsi Buriram.

Banyak yang masih meragukan Negeri Gajah Putih menggelar event sekaliber MotoGP. Sejak masuk kalender balap, MotoGP Thailand mendapat komentar miring dari sejumlah pembalap kelas premium. Yang paling vokal adalah legenda hidup Valentino Rossi.

Menurut Rossi, lokasi sirkuit yang jauh dari pusat keramaian dan lay out lintasan biasa-biasa saja tersebut, tidak menarik gairahnya membalap di sana. Sudah tentu komentar Rossi itu cukup keras. Namun pihak penyelenggara justru ingin mem­buktikan jika mereka layak men­jadi tuan rumah. Pem­buktian itu bakal segera didapat saat Buriram menyelenggarakan uji coba pramusim 16-18 Februari.

”Tes musim dingin adalah kesempatan baik bagi kami untuk mengecek seberapa siap kami menyelenggarakan MotoGP,” ujar Managing Director Chang International Tanaisiri Chanvitayarom dilansir The Nation.

Sejak ditetapkan sebagai tuan rumah MotoGP 2018, lanjutnya, antusiasme warga di Provinsi Buriram membuncah. Pem­bangunan akomodasi seperti hotel dan restoran dilakukan besar-besaran.

Dia menyebut, sejumlah pro­vinsi di sekitar Buriram juga ikut menggeliat. Roi Et, Si Sa Ket, Surin, dan Nakhon Ratcha­sima merupakan pilihan des­tinasi bagi fans. MotoGP Thai­land sendiri bakal berlangsung di seri ke-15, 5-7 Oktober.

Pernyataan Rossi perihal jauhnya lokasi Sirkuit Chang International memang cukup beralasan. Jawa Pos pernah menyambangi sirkuit ini akhir tahun lalu. Untuk men­­jang­kaunya, tidak bisa langsung dicapai dari Bandara Svarnabhumi. Karena harus pindah penerbangan domestik ke Provinsi Buriram.

Dari Svarnabhumi kemudian harus melewati jalur darat sekira satu jam ke Bandara Don Muang. Dari Don Muang terbang selama sekitar 1 jam 10 menit ke Buriram. Mendarat di Buriram, diperlukan waktu 45 menit untuk mencapai sirkuit. Transportasi juga terbatas saat tidak ada event. Dari Sirkuit Chang In­ter­national ke pusat kota, di mana berdiri banyak hotel dan restoran perlu waktu sekitar 30 menit.(cak)