25 radar bogor

Harga Cabai Tembus Rp60 Ribu

Nelvi/radar bogor. MERANGKAK NAIK: Sejumlah bahan pokok seperti cabai, telur, dan beras pada awal 2018 mengalami kenaikan harga di sejumlah pasar tradisional Kota Bogor.
Nelvi/radar bogor.
MERANGKAK NAIK: Sejumlah bahan pokok seperti cabai, telur, dan beras pada awal 2018 mengalami kenaikan harga di sejumlah pasar tradisional Kota Bogor.

BOGOR–Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Bogor terpantau mengalami kenaikan di awal tahun ini. Di antaranya, beras, telur, dan cabai. Kenaikan tersebut bahkan sudah terjadi sejak libur Natal tahun lalu. Hal ini terjadi di sejumlah pasar tradisional Kota Bogor, seperti Pasar Kebon Kembang dan Pasar Bogor.

Menurut Kabid Sarana dan Komoditas Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Tedy Setiadi, secara keseluruhan harga bahan pokok terbilang stabil. “Rata-rata kenaikan masih di bawah 10 persen,” ungkapnya kepada Radar Bogor.

Hanya ada beberapa komoditas harganya naik di atas 10 persen. Seperti beras, telur, dan cabai. Harga telur ayam di pasaran saat ini berkisar Rp23.000-Rp26.000 per kg. Naik dari harga normalnya sebesar Rp18 ribu per kg. Adapun, harga cabai rawit merah berkisar Rp50 ribu-Rp60 ribu per kg. Sedangkan harga beras IR 64 sekitar Rp60 ribu per kg.

Tedy menambahkan, kenaikan juga terjadi pada harga daging ayam broiler saat Natal dan tahun baru. Yaitu di kisaran Rp38.000 per kg. “Tapi, saat ini harganya turun di kisaran Rp32.000-Rp36.000 per kg. Ada juga di beberapa pasar harganya bahkan menurun hingga Rp30.000 per kg,” tutupnya. (ran/c)