25 radar bogor

Serunya Yoga di Luar Ruangan

SEHAT: Para instruktur yoga yang berkumpul dan melatih kemampuan di area outdoor.
SEHAT: Para instruktur yoga yang berkumpul dan melatih kemampuan di area outdoor.

CIBUBUR–Yoga memang menyena­ngkan, apalagi jika dilakukan di luar ruangan. Rasa bosan pun dijamin hilang. Hal itu yang dirasakan para yogi expert yang berkumpul di CitraLand Utama Road. Grup yang terdiri atas sepuluh instruktur yoga itu memiliki agenda rutin untuk berbagi ilmu dan berlatih.

Para instruktur yoga berkumpul sejak pukul 05.30. Satu per satu mereka yang didominasi warga CitraLand datang dan langsung menggelar matras di trotoar. Embusan udara pagi dan hangat­nya sinar matahari menembus pepo­honan di sekitar area. “Nah, kalau gini kan ada suasana baru.

Nggak ngajar yoga di dalam ruangan terus,” ucap salah seorang instruktur, Caroline Angkawidjaja.

Walau berprofesi sebagai instruktur dari berbagai club house dan fitness center, tak ada aroma persaingan di dalam grup pertemanan tersebut. “Kami semua sama. Awalnya juga amatir. Latihan bersama sampai jadi instruktur ini butuh waktu,” kata instruktur lain, Cindy.

Diskusi berlangsung santai sembari melakukan pemanasan. Deretan obrolan seputar gerakan yoga, pakaian olahraga, tekstur matras, hingga hal-hal di luar itu terucap begitu saja. Salah satu topik menarik yang menjadi perbincangan adalah kapha yoga.

Kapha yoga adalah salah satu yoga yang banyak diterapkan di berbagai club house tempat para instruktur tersebut mengajar. Kapha yoga merupakan singkatan dari Koko Asana Principle of Human Body Aligment (KAPHA). Yoga tersebut dikembangkan pada 2013.

Jenis yoga itu merupakan pengem­bangan dari deretan gerakan yang sudah ada. Misalnya, gerakan andalan pose warrior, yang dikembangkan menjadi front warrior.(jp)