Beranda Bogor Raya Sabtu Tetap Rekam Data E-KTP

Sabtu Tetap Rekam Data E-KTP

Sofyan Radar Bogor
KEJAR TARGET: Seorang warga sedang melakukan pemeriksaan retina mata untuk rekam data e-KTP.

CIBINONG–Program jemput bola Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor hingga keca­matan dan desa membuahkan hasil. Sabtu, pelayanan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bahkan tetap dibuka.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor Otje Soebagja menga­takan, berdasarkan data 2017 jumlah pen­duduk Kabu­paten Bogor seba­nyak 4.246.307 orang. Masyarakat yang diwajibkan me­miliki E-KTP sebanyak 3.060.177. Sedangkan yang telah melakukan perekaman 3.226.768 warga.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk jumlah KTP yang tercetak sebanyak 639.551. ”Artinya kami sudah melampaui target capaian, yakni 104 persen untuk proses pere­kaman di 2017,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (8/1).

universitas ibn khaldun bogor uika

Pada Jumat (5/1), sambung dia, Disdukcapil telah meminta kembali 40 ribu blanko. Direncanakan, jumlah tersebut dapat selesai penceta­kan selama 10 hari kerja. Sehing­ga, proses yang sesuai dengan print ready record (PRR) saat ini telah memasuki Januari 2017. ”Sekarang kami lagi menu­nggu yang belum melakukan perekaman saja,” tuturnya.

Saat ini, sambungnya, Disdu­kcapil juga terus mela­kukan upaya agar masyarakat dapat segera memiliki e-KTP. Mengi­ngat, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 akan dilaksa­nakan pada Juni mendatang.

 

Namun, untuk daftar pemilih tetap (DPT), pihaknya masih menunggu pelaporan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab, KPU RI juga menunggu data dari Kemendagri.

”Tugas kami hanya merekam datanya saja, mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar, masyarakat memiliki KTP atau surat keterangan dan pilkadanya sukses,” pungkasnya.(rp2/c)