Beranda Bogor Raya Rumah Tipe Menengah Bawah Diincar End User

Rumah Tipe Menengah Bawah Diincar End User

JAKARTA–Profil pembeli properti, khususnya residensial, pada 2018 bakal didominasi dari segmen end user. Senior Associate Director and Research Colliers International Ferry Salanto menyatakan, yang diminati golongan ini kebanyakan tipe menengah ke bawah.

Prediksinya, para investor kebanyakan mengincar properti menengah bawah karena berpotensi memberikan capital gain yang lebih besar.

”Kebutuhan hunian untuk ditinggali dan bukan untuk diperjualbelikan atau dikontrakkan masih cukup tinggi, mengingat kebutuhan masyarakat tetap tinggi,” paparnya.

universitas pakuan unpak

Untuk mengolah pangsa pasar tersebut, selain dengan instrumen uang muka, harus diimbangi dengan suku bunga yang rendah. ”Supaya gairah orang membeli hunian tetap tinggi, terutama hunian vertikal yang akses pembiayaan perbankannya masih relatif rendah,” kata Ferry.

Terkait tahun politik yang mulai berlangsung pada 2018, selalu muncul kekhawatiran terutama biasanya menimbulkan situasi ketidakpastian. Harus diakui, faktor politik dan ekonomi sangat memengaruhi proyeksi pertumbuhan properti ke depan.

”Apalagi, saat ini terjadi kelebihan pasok dibanding permintaan. Namun sekali lagi, properti adalah investasi jangka panjang,” jelasnya.(res/c21/sof/ce1)