Beranda Bogor Raya Akhir Januari, Damri Leuwiliang–Pongkor Beroperasi

Akhir Januari, Damri Leuwiliang–Pongkor Beroperasi

CIBINONG–Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya menyetujui pengajuan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor membuka satu trayek baru. Rute tersebut akan melayani Leuwiliang-Pongkor yang rencananya direalisasikan akhir Januari.

Kasi Angkutan pada Dishub Kabu­paten Bogor, Joko Har­dianto mengatakan, dipastikan dua unit bus akan beroperasi setelah pihaknya berkoordinasi dengan Kemenhub dan operator Damri. Namun, untuk tarif dirinya belum dapat memas­tikan. Sebab, ditetapkan Kemen­hub untuk dikalkulasikan dengan jumlah subsidi serta jarak yang disesuaikan pula.

”Jadi kami akan memiliki dengan total empat rute bus Dam­ri yang disediakan untuk masyarakat di daerah,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (8/1).

universitas nusa bangsa unb

Saat ini, pihaknya masih me­nu­nggu anggaran dari pemerin­tah agar dapat mengo­perasikan dua unit subsidi bus Damri tersebut. ”Untuk semua Damri ini kadang garasinya di kawasan Cipaku, Terminal Leuwiliang, atau Jasinga,” tuturnya.

Untuk tiga rute lainnya yang telah aktif, kata Joko, tarif yang ditetapkan berbeda. Untuk rute Leuwiliang-Cikidang Rp40 ribu terdiri dari tiga bus, Leuwiliang-Banyuresmi Rp10 ribu terdiri dari dua bus, dan Jasinga-Parung Panjang Rp15 ribu terdiri dari tiga unit bus.

Meski tarif telah ditentukan, tak semua masyarakat mem­bayar sesuai ketentuan. ”Kadang ada tambahan atau pengurangan tarif, tapi tak berlaku mutlak, karena masya­rakat kadang ada yang membayar hanya Rp3 ribu,” pungkasnya.(rp2/c)