Beranda Bogor Raya Urus Izin Cukup Pakai Aplikasi

Urus Izin Cukup Pakai Aplikasi

DI-LAUNCHING: Bupati Bogor Nurhayanti me-launching Pelayanan Administrasi Ter­pa­du Kecamatan (Paten) online berbasis aplikasi di Kecamatan Megamendung, kemarin (7/1).

MEGAMENDUNG–Pe­ngu­rusan perizinan di Kabupaten Bogor semakin dipermudah. Kini, warga Tegar Beriman su­dah bisa mengurus 13 perizi­nan secara online dengan aplikasi. Pelayanan itu bisa didapatkan di Kecamatan Megamendung seiring diluncurkannya Pelayanan Administrasi Ter­pa­du Kecamatan (Paten) online berbasis aplikasi, kemarin (7/1).

”Terobosan ini sangat bagus untuk memberikan kemuda­han percepatan pelayanan k­epada masyarakat,” ujar Bupati Bogor Nurhayanti di sela-sela launching Paten online yang berbare­ngan dengan Festival Megamendung.

Mantan sekda Kabupaten Bogor tersebut mengatakan, Paten online harus memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Terutama dalam memberikan kemudahan dan percepatan dalam hal pelayanan.

universitas pakuan unpak

Menurut dia, Paten online milik Pemerintah Kecamatan Megamendung ini, akan menjadi pilot project. Jika sukses, tegasnya, semua kecamatan di Kabupaten Bogor harus mengadopsi Paten online.

”Kalau ada kendala bisa diperbaiki secara bertahap. Saya sangat mengapresiasi dan akan memberi penghargaan bagi kecamatan yang melakukan inovasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Megamendung Hadijana mengatakan, akan terus mengembangkan aplikasi Paten online. Saat ini pun ada 13 perizinan dan non-perizinan yang bisa diakses di Paten online. Ke depan, kata dia, Paten akan menjadi basis data, baik data kecamatan maupun desa. ”Tentunya akan terus dikembangkan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, warga yang sudah memasukkan data melalui Paten online juga bisa mengetahui jadwal pengambi­lan berkas perizinan. Karena, semua informasi pelayanan bisa dilihat di aplikasi Paten online. Nah, keunggulan lain­nya, bagi warga yang sudah menggunakan Paten online, akan mendapatkan jasa antar langsung perizinan ke rumah sesuai alamat di KTP.

”Kalau KTP sudah selesai tim Paten online akan mengantar­nya langsung ke rumah pe­mohon,” terangnya.
Saat ini, Paten online sudah memiliki petugas lapangan yang akan menjemput dan me­ngantar berkas. Ketiganya dilengkapi kendaraan roda dua, helm, dan jaket dengan logo Paten online.

”Warga tinggal unduh aplikasi Paten online di Play Store secara gratis,” ucapnya.

Ia berharap, diresmikannya Paten online ini, penggunanya akan terus me­ningkat.

”Jadi tidak perlu repot datang ke kecamatan, insya Allah petugas yang mengantar,” pungkasnya. (don/c)