Beranda Bogor Raya Barat Utara Jalan Jadi Tempat Sampah

Jalan Jadi Tempat Sampah

BERSERAKAN: Sejumlah petugas TNI, masyarakat, dan petugas kebersihan sedang membersihkan sampah di Jalan Kapten Yusuf, Cibogel, Ciomas.

CIOMAS–Sampah semestinya ada di tempat sampah. Namun berbeda jika melintas di Jalan Kapten Yusuf, Cibogel, Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Jalan yang sudah dibetonisasi itu justru dijadikan wadah tangan-tangan jahil membuang sampah.

Kondisi itu memantik anggota Koramil 2120/Ciomas dan Polsek Ciomas melakukan patroli sampah, kemarin (7/1). ”Kami mengimbau agar warga menangkap basah pelaku pembuang sampah di lokasi. Sebab, ini sangat memalukan, masak sampah di tengah jalan kota,” ujar Kapolsek Ciomas Kompol Rony Mardiatun kepada Radar Bogor.

Dalam kegiatan itu, juga melibatkan Dinas Kebersihan serta masyarakat sekitar Ciomas. Wadanramil 2120/Ciomas Kapten Inf Iwan Wardana mengaku prihatin. Padahal di lokasi telah terpampang jelas tulisan ”Dilarang membuang sampah”.

universitas ibn khaldun bogor uika

”Miris sekaligus sedih. Entah hatinya sudah tertutup atau kurangnya rasa kepedulian terhadap lingkungan. Sampah-sampah dibuang sembarangan di pinggir jalan seenaknya,” ungkapnya. Iwan juga memerintahkan Babinsanya untuk turut mengawasi warga.

Kegiatan patroli sampah, kata dia, akan rutin dilakukan di wilayah kewenangan Koramil 2120. Pihaknya bahkan akan bekerja sama dengan muspika dan masyarakat dalam rangka menciptakan kebersihan lingkungan. ”Ini sebagai wujud kepedulian juga dari jajaran Kodim 0621. Kami mengimbau masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan karena akan berdampak terhadap kesehatan dan kebersihan serta keindahan,” pungkasnya.(don/c)