Beranda Bogor Raya Bangun Rumah Sakit Khusus Paru

Bangun Rumah Sakit Khusus Paru

CIBUBUR–Pemerintah Kota Bekasi membangun rumah sakit empat lantai khusus pelayanan paru di Jalan Mayor Oking, Bekasi Timur. Untuk pembang­unannya, Pemkot Bekasi mengucurkan anggaran sebesar Rp70 miliar.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung pada Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan, Kota Bekasi, Inryd Arieswaty mengatakan, pembangunan sudah berlangsung sejak Desember 2017.

Pembangunan rumah sakit yang ditargetkan akan rampung pada akhir tahun ini, menggunakan anggaran tahun jamak. ”Tahun depan bisa dipakai untuk melayani pasien,” katanya.

Dirinya menjelaskan, Pemkot Bekasi telah membebaskan lahan seluas 1.533 meter persegi guna menunjang pembangunan rumah sakit khusus pelayanan paru itu. Gedung rumah sakit tersebut, nantinya dapat melayani lebih dari seratus orang pasien. ”Fasilitasnya lengkap, bisa untuk rawat inap,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati mengatakan, angka suspek penyakit tuberkulosis (TB) atau paru cukup tinggi.

Pada 2014, tercatat ada 9.204 pasien, 2015 sebanyak 12.831 pasien, dan 2016 tercatat sebanyak 11.960 pasien.(neo/poj)