Beranda Bogor Raya Tim Rescue Evakuasi Pohon Tumbang

Tim Rescue Evakuasi Pohon Tumbang

PANGKAS: Petugas Tim Rescue Sudin Gulkarmat memangkas pohon yang tumbang di Jalan Raya Bogor Jakarta.

CIBUBUR–Pohon berumur kembali tumbang di sekitar Markas Kepolisian Sektor Ciracas, kemarin (5/1). Tim Rescue Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur mengevakuasi pohon tumbang di halaman Mapolsek Ciracas, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaiman menuturkan, pohon berjenis seri tersebut diduga tumbang akibat terpaan angin kencang sekitar pukul 14.00 WIB. ”Pohon seri yang tumbang memiliki diameter sekitar 30 sentimeter. Kami mengerahkan lima personel untuk melakukan evakuasi,” kata Gatot.

Ia menambahkan, tumbangnya pohon berada tepat di belakang mobil yang tengah terparkir. Beruntung, kendaraan minibus tersebut tak sampai mengalami kerusakan.

universitas pakuan unpak

”Dahan-dahan pohon juga mengenai kabel listrik, jadi kami segera evakuasi,” tandasnya.

Sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang yang melanda sejumlah kawasan di Jakarta, Minggu (31/12/2017) akhir tahun lalu, menyebabkan enam pohon tumbang dan satu atap rangka besi bangunan milik warga di Jalan Pramuka, Kelurahan Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, roboh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Jupan Royter Tampubolon menjelaskan, enam pohon tumbang tejadi di Jalan Proklamasi, Kelurahan

Pegangsaan, Menteng, pada pukul 14.29 WIB. Lalu, di Jalan Margono Djoyo Hadikusumo, Karet Tengsin, Tanah Abang, pukul 14.15 WIB,  dan di Jalan Raden Saleh Raya, Kenari, Senin pukul 14.57 WIB.

Kemudian, di Jalan DI Panjaitan, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, pukul 14.30 WIB. Di Jalan Rasamala, Utan Kayu Selatan, Matraman pukul 14.52 dan Jalan

Setiabudi Tengah 9, Kelurahan Setiabudi, Setiabudi, pukul 14.34 WIB. ”Saat ini sebagian sudah ditangani petugas. Korban dan kerugian sudah didata,” katanya.

Selain pohon tumbang, lanjut Jupan, petugas juga mengevakuasi satu atap rangka besi kanopi milik warga Jalan Pramuka, Kelurahan Utan Kayu Selatan, Matraman, yang roboh diterpa angin.(net/bj)