Beranda Bogor Raya Barat Utara Siswa SDN Lumpang 01 Sekolah Pakai Masker

Siswa SDN Lumpang 01 Sekolah Pakai Masker

TAK NYAMAN: Siswa SDN 01 Lumpang, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, harus memakai masker lantaran debu yang sudah semakin tebal.

PARUNGPANJANG–Ratusan siswa SDN Lumpang 01, Keca­ma­tan Parungpanjang, Kabupa­ten Bogor, terpaksa harus meng­gunakan masker saat belajar. Penyebabnya adalah debu jalanan yang diakibatkan truk tronton pengangkut hasil tambang.

Salah satu siswi kelas enam SDN Lumpang 01, Nabila Sadiah (10) mengaku, sebelum masuk kelas, harus berkumpul di depan gerbang sekolah untuk menda­patkan masker penutup hidung dan mulut. ”Kalau gak pakai takut sesak napas,” kata Nabila kepada Radar Bogor.

Nabila tidak sendiri. Ada 267 siswa yang bernasib serupa. Hal ini pun sudah dialami para siswa sejak lama. Bahkan, kini debu yang masuk kelas sangat tebal.

universitas pakuan unpak

”Sehari bisa empat kali menyapu debu dari truk teronton yang masuk ke sekolah,” ujar Titin (36) penjaga sekolah SDN Lumpang 01.

Di tempat yang sama, guru SDN Lumpang 01 Helmi meng­aku, hal ini sudah menjadi rutinitas siswa dan para guru. Meski demikian, kondisi itu tak menyurutkan semangat belajar murid-muridnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Parungpanjang Icang Aliudin mengatakan, persoalan Jalan Bunar Cigudeg-Parung­panjang ini sudah puluhan tahun dipakai sebagai jalur lalu lintas pengangkut hasil tambang.

Sehingga jalan yang hanya memiliki tonase delapan ton itu, dilalui truk tronton bermua­tan 40 ton. Hal ini menimbulkan debu dan membuat warga Parungpanjang terserang ISPA.

”Debu ini karena jalan rusak akibat truk bertonase lebih. Sehingga menimbulkan debu dan ini membuat udara jadi tercemar,” tukasnya.(all/c)