Beranda Bogor Raya Terus Genjot Pelaku UKM

Terus Genjot Pelaku UKM

BEKASI –KEPALA Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Bekasi, Karti optimistis bila geliat pelaku usaha di Kota Bekasi pada 2018 akan semakin baik. “Saya yakin karena bagaimanapun para pelaku UKM ini memiliki andil dalam menekan laju inflasi,” kata Karto, Kamis (4/1).

Kesuksesan pihaknya membantu perekonomian warga dapat terlihat, salah satunya karena Kota Bekasi diperhitungkan sebagai penggerak ekonomi di Jawa Barat. Di samping itu, tambahnya, makin hari para peminat usaha makin banyak.

“Yang terdata ada 205 ribu lebih pelaku usaha dari berbagai bidang, mulai dagang, jasa, konstruksi, dan lainnya. Ibaratnya kalau orang Bekasi bilang lagi seneng, resep melakukan kegiatan usaha,” ujar Karto.

universitas nusa bangsa unb

Tidak lain, ujar Karto, selain karena dukungan dana bergilir lewat BPR Syariah Patriot yang telah diterapkan selama 40 tahun terakhir, pihaknya kerap melakukan pendampingan berupa pelatihan-pelatihan untuk para pelaku usaha.

Di samping itu, untuk 2018 pihaknya telah menyiapkan dana sebesar Rp17 miliar guna membantu para pelaku usaha. “Sampai dengan tahun ini dana yang disiapkan Rp17 miliar, sudah tersalurkan Rp15 miliar. Untuk bantuan, kalau UKM minimal mendapat Rp20 juta, maksimal Rp100 juta, kalau koperasi Rp250 juta,” tandas dia.(kub/gob/poj)