Beranda Bogor Raya Bersiap Tes Siswa Baru

Bersiap Tes Siswa Baru

JARING SISWA BARU: Para siswi SD Al-Azhar Syifa Budi saat memamerkan kemampuan mereka bermain biola dalam salah satu acara.

CIBUBUR–Beberapa sekolah swasta di wilayah Cibubur sudah membuka pendaftaran bagi calon siswa baru. Tak terkecuali bagi SD Al-Azhar Syifa Budi Cibubur yang sudah mengantongi hampir 60 nama calon siswa baru.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Al-Azhar Syifa Budi Cibubur, Hafidz menjelaskan, total 59 calon siswa baru akan mengikuti tes dalam beberapa pekan ke depan. Tes dilakukan sebagai bentuk penjaringan para siswa dan siswi terbaik, yang akan mengenyam bangku pendidikan di Al-Azhar Syifa Budi Cibubur.

“Jumlah 59 siswa tersebut termasuk lima siswa yang datang dari sekolah lain atau pinda­han. Yang pasti pada Januari ini akan kami adakan tes bagi siswa baru. Tes akan dibagi menjadi lima gelombang,” beber Hafidz pada Radar Cibubur kemarin (4/1).

universitas pakuan unpak

Sambung Hafidz, tes dibagi menjadi beberapa kategori. Paling utama adalah tes keagamaan. Tes tersebut dianggap paling penting lantaran sejalan dengan visi sekolah yang ingin membangun karakter keagamaan yang baik bagi siswanya.

“Kami lakukan tes wudu, salat, dan berba­­gai doanya. Lalu ada juga tes pengenalan lingkungan sekolah. Mulai tes membaca, menulis, dan berhitung seder­hana,” sambungnya.

Yang terakhir, kata dia, ada psikotest bagi seluruh siswa-siswi yang didampingi orang tuanya masing-masing. Pengumuman hasil tes akan dilakukan satu pekan setelah tes.

Selain itu, pihak sekolah juga menerapkan program pendidikan CI (Cerdas Istimewa) dan bakat istimewa bagi para siswanya. Program akselerasi ini menjadi satu-satunya yang ada di Kabupaten Bogor dan menjadi program resmi.

“Ini adalah program layanan untuk anak-anak dengan IQ di atas 130, itu salah satu programnya. Untuk CI minimal kelas 4, memungkinkan lima tahun pendidikan selesai,” tambah Amirudin, kepala SD Al-Azhar Syifa Budi Cibubur.

Ada juga beberapa program lain yang dicanangkan sekolah bagi para siswa. Ada kelas tahfidz yang diseleksi di setiap level. “Dan itu rebutan, kami tawarkan kepada anak yang berminat mengikuti program ini,” ujarnya.(dka/c)