Beranda Bogor Raya Kades Tamansari Dinonaktifkan

Kades Tamansari Dinonaktifkan

TUNTUT MUNDUR: Warga Desa Tamansari melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor desa menuntut Kades Gumilar Suteja mundur, kemarin.

TAMANSARI-Kepala Desa Taman Sari Gumilar Suteja kembali didemo ratusan warga, kemarin (3/1). Massa menuntut Badan Pewakilan Desa (BPD) melakukan rapat pleno agar sang kades mundur.

”Mesti didukung rapat pleno BPD agar merekomendasikan kades mundur dari jabatannya kepada bupati dan DPMD,” ujar Ketua Forum Masyarkat Peduli Tamansari (Formapta) Baban Sarbana kepada Radar Bogor di halaman kantor Desa Tamansari.

Ia mengatakan, aksi tersebut bertujuan untuk meminta pertanggungjawaban Gumilar atas beberapa kasus yang melibatkan penyelewengan anggaran desa dan program lainnya.

universitas ibn khaldun bogor uika

Seperti pengadaan mobil siaga. Warga menagih untuk dihadirkan STNK dan BPKB. Tapi ternyata bukan milik desa. ”Surat-suratnya tidak ada, itu sudah diserahkan ke Polsek Tamansari,” katanya.

Kasus lain, kata dia, penjualan aset desa berupa tanah bengkok yang sudah jadi milik pribadi, dan dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Selain itu, raskin yang tak sampai dan kegiatan rutilahu serta pembangunan infrastruktur juga jadi masalah.

”Semua sudah disampaikan seluruh masyarakat. Intinya kami selesaikan dengan kepala dingin walau aksi di jalan. Kades juga sudah mudur dengan cara tidak hormat,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Tamansari Teddy Pembang menuturkan, akan mengusulkan kepada bupati agar menonaktifkan Gumilar sebagai kades. ”Karena tak mau mundur, ya terpaksa cara itu dilakukan,” ucapnya.(don/c)