Beranda Bogor Raya Cegah Banjir, Bangun Resapan

Cegah Banjir, Bangun Resapan

CITEUREUP-Me­ngantisipasi datangnya musim hujan, kemarin (3/1) Pemerintah Desa Karangasem Timur mem­bangun sumur resapan. Hal ini untuk meminimalisasi dampak gena­ngan air ketika hujan.

Sekdes Karangasem Timur Asep Saepudin mengatakan, ge­na­ngan air di sepanjang Jalan Desa Karangasem Barat yang merata di setiap RW menjadi pemandangan rutin. Untuk itu, langkah solutif harus dilakukan. “Kalau hujan pasti air meng­ge­nang dan mengganggu,” katanya.

Proyeksi pem­bangunan sumur resapan telah direncanakan sejak tahun lalu. Fungsinya, menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah. “Jadi, sumur resapan ini penting sekali,” ucapnya.

universitas pakuan unpak

Lebih lanjut ia menerangkan, terdapat 20 sumur yang tersebar di 8 RW. “Kami buat lebarnya 1,5 ×1,5 meter dengan kedalaman 3 meter. Dibuat dalam agar cukup menampung debit air hujan. Sehingga ketika hujan tiba dampaknya dapat langsung dirasakan ma­sya­rakat,” jelasnya.

Pembangunan sumur resapan ini menggunakan dana desa. ”Harapan kami, sumur ini bisa mengatasi banjir,” pungkasnya.(azi/c)