25 radar bogor

TMII Siap Benahi Jalur Masuk

ANTRE: Kondisi jalur pintu masuk ke area wisata TMII.
ANTRE: Kondisi jalur pintu masuk ke area wisata TMII.

CIBUBUR–Manajemen Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berencana menata jalur pintu masuk dan keluar, khususnya ketika akan menggelar acara. Ini hasil evaluasi setelah rangkaian acara perayaan malam pergantian tahun, kemarin.

Kabag Humas TMII Jerrimias Lahama mengatakan, penataan jalur masuk TMII ini mesti dibenahi. Menurutnya, selama musim liburan kali ini kepadatan selalu terjadi di area pintu masuk satu TMII.

“Memang kami sudah coba merekayasa dan mengurai kemacetan di pintu masuk, tapi tingginya angka kendaraan yang masuk membuat kami kewalahan,” tuturnya, Selasa (2/1).

Pihaknya juga akan mengupayakan peningkatan jumlah lahan parkir. Sebab, selama ini pengunjung TMII yang berhenti sembarangan selalu menyumbang kemacetan.

“Biasanya pengunjung suka berhenti di anjungan atau danau, agar bisa makan siang bersama. Tapi sebenarnya kan mereka ini telah memakan badan jalan,” sambung Jerri.

Selain masalah kepadatan di pintu masuk, manajemen juga akan berbenah soal pengelolaan sampah. Dirinya juga mengatakan akan berkoordinasi dengan manajemen di bidang tata lingkungan, guna mengatasi sampah berserakan usai acara.

Manajemen TMII mengklaim selalu proaktif mengingatkan pengunjung agar tak membuang sampah sembarangan. Menurutnya, pihak TMII, melalui pusat informasi, telah berupaya mengingatkan wisatawan agar buang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“Kami ingatkan wisatawan melalui speaker pusat informasi, juga telah menyediakan 300 tempat sampah kecil di semua titik,” jelasnya.(net/inf)