Beranda Bogor Raya Perpustakaan Terancam Roboh

Perpustakaan Terancam Roboh

BUTUH RENOVASI: Beberapa siswa SDN Lemahduhur bermain di belakang perpustakaan sekolah. Sudut bangunan yang terkikis tanah (insert).

CIGOMBONG–Bangunan yang berada di pinggir tebing menjadi masalah sejumlah sekolah di Kabupaten Bogor. Selain membahayakan, kondisi ini dikhawatirkan menjadi ancaman longsor.

Seperti di SDN Lemahduhur. Sebagian fondasi bangunan perpustakaan sudah tergerus. ”Kami khawatir jika dibiarkan tanpa perbaikan, anak-anak akan jadi korban,” ujar kepala SDN Lemahduhur Wihda Laeli kepada Radar Bogor.

Ia mengungkapkan, halaman sekolah juga tidak dilengkapi pagar pembatas. Alhasil, banyak warga bebas berlalu-lalang. Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa pun terganggu. ”Dampak buruk lainnya kadang ada siswa yang pulang sebelum jam sekolah usai. Guru di sini kesulitan mengejar karena jumlahnya sedikit,” keluhnya.

Selain itu, sekolah juga membutuhkan kamar mandi. Pasalnya, para siswa dan guru kerap kesulitan jika ingin buang hajat. Terlebih, kondisi atapnya nyaris roboh dan pintu terbuka.

Wihda juga mengaku kondisi sekolah sudah dilaporkan ke­pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor. Ia berharap, pemangku kebijakan dapat mengabulkan permohonan untuk memperhatikan hal tersebut.

Sementara itu, Pengawas Pendidikan Kecamatan Ci­gom­­bong Ade Suryana me­ngatakan, akan langsung me­ninjau lokasi sekolah. ”Apakah su­dah masuk pendataan (re­novasi) atau belum. Sebab, su­dah ada dalam bagian re­hab,” singkatnya.(don/c)