Beranda Bogor Raya Tingkatkan Kompetensi Kader PKK

Tingkatkan Kompetensi Kader PKK

PELATIHAN: Ibu-ibu penggerak PKK Desa Tangkil mendapat bimbingan. (Azis/Radar Bogor)

CITEUREUP–Pembangunan desa harus dimulai dari peningkatan kompetensi para kaum hawa. Seperti, tim PKK desa. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Tangkil, Fikriana.

Menurutnya, sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat, PKK Desa Tangkil memiliki peranan yang sangat penting dalam melaksanakan program-program gerakan PKK.

Nantinya akan berpengaruh pada kegiatan gerakan PKK di kecamatan dan kabupaten. “Dari desa kita mantapkan tim PKK yang sudah ada, karena pasti akan terdapat kontribusi untuk kabupaten,” katanya.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Meskipun merupakan kelompok terkecil, Desa Tangkil sangat berperan dalam melaksanakan pendataan keluarga, sehingga menjadi penunjang hajat bupati Bogor untuk menjadi kabupaten termaju. “Kita dukung bupati untuk jadikan Bogor sebagai kabupaten termaju dengan peningkatan kompetensi tim PKK,” kata dia.

Karena itu, pelatihan peningkatan kompetensi tim penggerak PKK desa di aula Desa Tangkil ini menjadi langkah awal pergerakan memajukan Kabupaten Bogor.

“Kader PKK desa harus lebih unggul dan maju dari kader-kader lainnya, membuat terobosan lebih kreatif, sehingga menjadi inovasi unggulan yang lahir dari Desa Tangkil,” ucapnya.

Dalam kegiatan itu, terdapat lebih dari 20 kader PKK desa yang dianggap masih butuh bimbingan. Pasalnya, mereka masih belum memahami hal dasar soal administrasi PKK. “Mereka masih awam, karena itu kami terus bekali lewat pelatihan,” ucapnya.

Hal itu diakui oleh Maimunah (31) salah satu anggota tim PKK. Ia mengaku baru satu tahun bergelut di organisasi level desa ini. Karenanya, masih belum mengetahui tupoksi tugas.

“Yang saya tahu, PKK dampingi dan data warga sekitar. Ternyata ada banyak yang harus saya ketahui, terutama soal administrasi keorganisasian,” ucapnya.

Ia mengaku sangat bangga menjadi anggota PKK. Lantaran, keberadaan PKK dirasakan bermanfaat bagi masyarakat. “Walaupun belum mengerti banyak hal, saya bangga gabung dalam PKK, karena saya jadi dibutuhkan,” ucapnya.(azi/c)