Beranda Bogor Raya Barat Utara Volume Sampah Meningkat 20 Persen

Volume Sampah Meningkat 20 Persen

CIBINONG-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor memastikan pengangkutan sampah tetap beroperasi selama musim libur penghujung tahun. Kebijakan itu ditempuh untuk mengantisipasi peningkatan volume sampah hingga di perayaan malam pergantian tahun.

”Dari pengalaman yang sudah-sudah, selalu ada peningkatan volume sampah. Jadi kami siagakan semua,’’ ujar Kabid Pengelolaan Sampah pada DLH Kabupaten Bogor Atis Tardiana kepada Radar Bogor, kemarin (25/12).

Ia juga sudah menginstruksikan sopir truk pengangkut sampah tetap beroperasi. Seluruh petugas di bidang persampahan siaga memberi pelayanan prima kepada masyarakat di setiap pasar dan tempat pembuangan sementara (TPS). ”Kami siagakan 34 armada truk sampah yang ada di tujuh UPT Kebersihan. Semua standby,” ujarnya.

universitas pakuan unpak

Atis merinci, di UPT Cibinong sebanyak delapan unit mobil pengangkut sampah siaga, kemudian di Jonggol lima unit, Ciawi enam unit, Ciampea enam unit, Leuwiliang tiga unit, Jasinga empat unit dan Parung empat unit.

Dia memprediksi peningkatan volume sampah di penghujung tahun ini bisa mencapai 20 persen dari volume sampah di hari biasa. ”Kalau hari biasa 450 ton per hari, libur panjang seperti ini bisa sampai 500-600 ton,” katanya.

Sumbangan sampah itu terdiri dari 70 persen sampah rumah tangga dan 30 persen sampah organik. Dengan total tersebut, Atis mengaku tak sebanding dengan daya angkut yang ada. Terlebih kapasitas tampung TPA Galuga yang semakin menipis.

”Karenanya kami mengimbau masyarakat cerdas mengelola sampah, terutama memilah dan memanfaatkan kembali sampah rumah tangga, sehingga bisa mengurangi volume sampah yang terbuang,” pungkasnya.(rp2/c)