Beranda Bogor Raya Barat Utara Ajang Mengasah Kreativitas Guru

Ajang Mengasah Kreativitas Guru

IST
PELATIHAN: Peserta diajak berkreativitas dalam Kemah Guru Indonesia 2017.

KEMANG-Kemah Guru Indonesia 2017 merupakan salah satu rangkaian Indonesia Teacher Leadership Festival yang berlangsung sejak Sabtu hingga Senin (23-25/12). Program ini menargetkan para guru dan penggiat pendidikan seluruh Indonesia.

”Jumlah pendaftar dari Kemah Guru ini sebanyak 137 orang dengan beberapa tahapan seleksi, yaitu curriculum vitae dan essay motivation letter. Dari tahapan seleksi ini terseleksilah sejumlah 56 orang,” ujar Ketua Panitia Rio Nardo.

Ia mengatakan, Kemah Guru berjalan selama tiga hari dua malam. Dimulai dengan penjemputan para peserta dari luar Pulau Jawa di Bandara Soekarno Hatta. Selain sebagai ajang belajar bersama, program ini juga menjadi ajang silaturahmi. ”Mempertemukan seluruh aktivis sekolah di seluruh Indonesia,” katanya.

universitas pakuan unpak

Serangkaian acara, menurut Rio, diawali dengan bincang pendidikan bertajuk teacher capacity building yang terbagi dalam tiga ruang. Yakni apersepsi, media pembelajaran, dan lagu pembelajaran.

”Pada hari kedua dengan pemateri Babe Andi Budiman Jaya, melaksanakan workshop bertema Teach Like Finland Simulation. Berbagai apersepsi dan strategi pembelajaran disimu­lasikan,”terang Rio.

Selain Kemah Guru, Indonesia Teacher Leadership Festival 2017 ini mengadakan pekan kreativitas guru berupa berbagai ajang lomba, di antaranya PKG PM Action, PKG PM Gagasan, PKG Seni, PKG Alat Peraga, PKG PTK, dan PKG Best Practice dengan total peserta lomba 165 orang.(*/don)