Beranda Bogor Raya Barat Utara Yusman, Veteran 45 asal Rumpin, Senang Tinggal di Rumah Lebih Layak

Yusman, Veteran 45 asal Rumpin, Senang Tinggal di Rumah Lebih Layak

foto:arifal/radar bogor
VETERAN: Yusman (kanan) bersama sang istri kini menempati rumah yang layak.

Nasib para pejuan gveteran 45 tak melulu manis. Begitu pula yang dialami Yusman (91), pejuang veteran 1945 asal Desa Mekarsari, RT03/04, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Di usia senjanya, ia harus tinggal di rumah tidak layak huni (RTLH).

Laporan: Muhamad Arifal Fajar

Usianya sudah tak muda lagi. Keriput menyelimuti setap inci tubuhnya. Begitu pun de­ngan giginya yang sudah mulai tanggal. Termasuk tempat ia bernaung, rapuh seperti usianya.

universitas pakuan unpak

Namun, semangat Yusman (91) sang pejuang veteran 1945 asal Rumpin ini masih terjaga. Di masa tuanya, veteran yang lahir pada 1927 itu masih bisa tertawa. Meskipun kehidupan sebagai veteran jauh dari kata layak.

Yusman menceritakan perjala­nannya menjadi bagian dari pejuang RI meraih kemerdekaan. Awalnya Yusman masuk tentara ikut dalam Laskar. Saat itu Laskar diganti dengan nama BKR (Barisan Keamanan Rakyat). “Di sana saya bersama pejuang lainnya,”ujarnya.

Namun, kehidupannya veteran tidak seindah yang dibayangkan. Yusman justru hidup di rumah kurang layak huni yang ia bangun dari jerih payahnya sendiri.

Melihat kondisi Yusman, Kodim 0621/Kabupaten Bogor terenyuh dan memberikan bantuan renovasi RTLH. Yusman pun kini bisa lebih lega. ”Alhamdulillah dapat bantuan. Saya ucapkan terima kasih,” imbuhnya.

Danramil 2112/Rumpin Kapten Inf Hasan Bisri menga­takan, Yusman mendapat rehab RTLH Veteran tersebut dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-72 TNI sebagai bentuk penghargaan kepada veteran atas jasa-jasanya. “Program ini, sebagai upaya menghargai perjuangan veteran di masa lalu,” ujarnya.(/c)