Beranda Metropolis Spirit Menjaga Kesehatan di Hari Ibu

Spirit Menjaga Kesehatan di Hari Ibu

JAGA KESEHATAN: Warga mengikuti deteksi dini kanker serviks yang digelar Puskesmas Belong bekerja sama dengan Toserba Yogya Suryakancana, kemarin (22/12).

BOGOR–Puskesmas Belong Kota Bogor bekerja sama dengan Toserba Yogya Suryakancana berbagi spirit pentingnya kesehatan wanita. Caranya, menggelar deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara, di area Toserba Yogya Suryakancana, kemarin (22/12).

Kepala Puskesmas Belong Riska Yanuarti menuturkan, para ibu harus mulai sadar pentingnya memeriksakan dirinya untuk mencegah kanker serviks. “Sebab, kanker ini bisa dicegah sebelum penyebarannya semakin parah,” ujarnya.

Kegiatan untuk memeriahkan Hari Ibu tersebut, dimulai dari penyuluhan mengenai kanker serviks, kanker payudara, dan praktik periksa payudara sendiri (Sadari) oleh Riska.

Menurut dia, syarat untuk melakukan pemeriksaan deteksi kanker serviks dan kanker payudara adalah masuk dalam usia subur 20 sampai 50 tahun, dan aktif berhubungan seksual. “Kami menargetkan 30 orang tetapi yang datang banyak sekali. Kami senang bahwa jumlahnya melebihi target,” tuturnya.

Untuk praktik Sadari, kata dia, dapat dilakukan di rumah dengan cara memijat area payudara searah jarum jam. Jika ada benjolan harus segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Benjolan yang harus diwaspadai adalah yang keras. “Benjolan tidak mesti besar tetapi tidak berpindah tempat,” ujarnya. (cr6/c)