Beranda Bogor Raya Kampung Tematik Bertambah

Kampung Tematik Bertambah

BERWARNA: Wali Kota Depok saat berkunjung ke kampung tematik karya Komunitas Corenk.

DEPOK–Bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim), Komunitas Corenk Depok mengajak masyarakat turut berpartisipasi dalam pembuatan kampung tematik di Pondok Cina, Beji.

Founder Komunitas Corenk Tri Wahyuni menuturkan, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat luas mengenal kearifan lokal serta dapat menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan tempat tinggal sekitarnya.

”Selain itu, kegiatan ini juga mengajak masyarakat luas agar bisa saling membantu dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang baik, yakni membangun kampung kota yang baik,” tutur Yuni pada Selasa (19/12) lalu.

Sementara itu, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengapresiasi atas apa yang dibuat Komunitas Corenk dengan membuat kampung tematik “Kampung Betawi” di Jalan Bungur dan Jalan Kalpataru, Kelurahan Pondok Cina.

Ia menyebut, apa yang dilakukan komunitas ini diharapkan bisa menjadi contoh untuk masyarakat lain. Terutama dalam hal menjaga kebersihan serta mengangkat citra Kota Depok melalui seni dan budaya.

”Kampung tematik ini dapat dijadikan contoh lingkungan yang asri, indah, dan bersih,” ujar Idris yang berkesempatan melukis di dinding warna-warni saat berkunjung ke kampung tematik.

Ia menambahkan, pengadaan kampung tematik tidak hanya terbatas pada mempercantik lingkungan melalui lukisan atau cat warna-warni. Namun, disertai dengan pembangunan infrastruktur yang memadai. ”Kita juga ada pembangunan jalan lingkungan, pembangunan drainase, pembangunan IPAL komunal, agar lingkungan tidak terlihat kumuh,” ujarnya.(MD/POJ)