25 radar bogor

Sahid Dimakamkan di Bogor

Wakil Presiden Yusuf Kalla melayat Prof SUKAMDANI SAHID GITO SARDJONO yang meninggal dunia di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (21/12).
Wakil Presiden Yusuf Kalla melayat Prof SUKAMDANI SAHID GITO SARDJONO yang meninggal dunia di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (21/12).

BOGOR–Dunia bisnis di Indonesia kembali berduka. Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Sukamdani Sahid Gitosardjono meninggal dunia kemarin (21/12). Sahid mengembuskan napas terakhirnya pada pukul 9.15 WIB di rumah sakit (RS) Sahid Sahirman Memorial Hospital.

“Bapak memang sudah sejak Maret 2017 lalu dirawat di RS. Waktu kolaps pertama kali, beliau batuk sampai tersedak, tapi kemudian dari paru-parunya tidak bisa mengembuskan napas,” ucap Hariyadi Budi Santoso Sukamdani, anak ke-4 Sahid, sesaat setelah salat jenazah di rumah duka di Jalan Imam Bonjol No 50 Jakarta Pusat.

Sahid meninggal dalam usia 89 tahun. Dia lahir di Solo pada 14 Maret 1928 silam. Sahid adalah mantan ketua Kadin pada 1982, yang kemudian kembali terpilih pada 1985. Dia bahkan sempat dipercaya menjadi ketua umum Kadin Asia Tenggara pada periode 1987–1988.

Meski memiliki hak untuk disemayamkan di taman makam pahlawan, Sahid justru dimakamkan di Bogor. Tepatnya, di Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Sahid, Jalan Dasuki Bakri Kilometer 6, Kecamatan Pamijahan, Bogor. “Bapak memang sebelumnya berpesan untuk diistirahatkan di ponpes. Karena, beliau sangat mencintai masjid.

Beliau kalau menyum­bang untuk masjid itu enggak lihat-lihat masjidnya di mana. Kalau beliau ingin menyumbang, pasti menyum­bang,” tutur Hariyadi yang juga merupakan ketua umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) itu.(rin/jun)