Beranda Metropolis MCB Ajak Masyarakat Ternak Lele

MCB Ajak Masyarakat Ternak Lele

BERSIAP PANEN: Masyarakat Cinta Bogor (MCB) menggalakkan program ketahanan pangan dengan beternak lele.

BOGOR–Tingginya konsumsi ikan membuat Masyarakat Cinta Bogor (MCB) melalui program ketahanan pangan, menginisiasi masyarakat untuk berternak ikan lele.

Hal itu berkaca dari kebutuhan konsumsi ikan di wilayah Jabodetabek yang mencapai 150 ton per hari.

“Maka dari itu, MCB mengajak masya­rakat untuk bisa berternak lele dimulai dari pembibitan hingga menjadikan ikan tersebut siap untuk dikonsumsi,” ujar Ketua Umum MCB, Bagus Karyanegara, ketika ditemui di penangkaran lele MCB, Jalan Babakan, Bogor, kemarin (21/12).

universitas nusa bangsa unb

Ia mengungkapkan, dengan berternak lele, ketahanan ekonomi pada masya­rakat dapat berjalan. Sebab, lele yang nantinya berhasil panen, selain bisa memberikan kesehatan bagi masya­rakat, juga bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

“Minimal masya­rakat bisa makan ikan, dengan harga yang lebih murah ketimbang di pasar. Kalau mereka beternak ikan, jadi tidak perlu beli lagi. Otomatis akan memangkas uang belanja,” bebernya.

Bagus mengatakan, saat ini pena­ng­ka­ran lele MCB telah menampung seba­nyak 85 ribu ikan. Ikan seba­nyak itu diperkirakan siap dipanen kurang le­bih dua atau tiga minggu lagi. (cr2/c)