Beranda Bogor Raya Warga Dialihkan ke Angkutan Umum

Warga Dialihkan ke Angkutan Umum

SIMBOLIS: Kemenhub melalui BPTJ meluncurkan bus terintegrasi Transjabodetabek Premium di CCM, kemarin.

CIBINONG-Komitmen pemerintah pusat memak­simalkan penyediaan angkutan massal terus dilakukan. Kemarin (19/12), Kementerian Perhu­bungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan bus terinte­grasi Transjabodetabek Premium di Cibinong City Mall (CCM). Sehingga, masyarakat penyangga ibu kota, khususnya Kabupaten Bogor, dapat lebih nyaman saat berada di ken­daraan umum.

”Ini kami sediakan agar mas­yarakat berpindah dari men­ge­mudi sendiri ke angkutan umum. Jalan tol di kita ini kondisinya sudah emer­g­ency,” ujar Kepala BPTJ Bambang Prihartono kepada Radar Bogor.

Bambang menerangkan, armada Transjabodetabek rute CCM menuju Plaza Senayan Jakarta akan tersedia mulai pukul 05.45, 06.15 dan 06.45 WIB. Sedangkan, rute CCM menuju Grand Paragon tersedia pukul 05.30 WIB, 06.00 WIB dan 06.30 WIB. ”Semua rute tarifnya Rp30 ribu untuk sekali jalan,” tuturnya.

Kementerian perhubungan, kata dia, memprioritaskan prog­ram tersebut. Sehingga, ke­macetan di Jakarta semakin terurai. ”Kami tidak bisa me­ngim­bau, sebab kalau tidak ada busnya percuma, jadi kami bekerja sama dengan perusa­haan umum (PU) bus untuk menyediakan angkutan mas­sal,” tuturnya.

Dirut Perusahaan Umum Penumpang Djakarta (PPD), Putu Yasa menuturkan, bebe­rapa kali peluncuran selalu menggandeng mal. Namun, untuk Kabupaten Bogor baru pertama kali. ”Ini langkah yang lebih maju,” imbuhnya.

Sementara itu, General Ma­najer CCM Ivan Swa­rasiddhis memberikan tarif khusus bagi masyarakat yang memarkirkan kendaraan­nya di CCM apabila ingin meng­gunakan armada Transjabo­detabek.
“Dengan menunjuk­kan tiket Transja­bode­tabek maka tarif untuk mobil Rp10 ribu per hari dan sepeda motor Rp6 ribu per hari,” pungkasnya.(rp2/c)