Beranda Bogor Raya Tidak Sembarang Lari

Tidak Sembarang Lari

BIKIN SEHAT: Sebagian anggota komunitas asyik berlari-lari kecil dalam salah satu event lari yang mereka ikuti.

CIBUBUR–Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang paling mudah dilakukan. Tidak ada peraturan maupun peralatan khusus untuk olahraga yang satu ini. Meski begitu, lari tak bisa dilaku­kan sembarangan.

Khusus­nya bagi Anda yang baru mulai menjadikan olahraga ini sebagai kegiatan rutin. Tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pelari aktif dari Kota Wisata Cibubur, Harfy (23) mengatakan, hindari diri dari beberapa kesala­han saat lari agar kegiatan ini bisa bermanfaat.

universitas ibn khaldun bogor uika

”Yang pertama soal waktu, bukan jarak. Jika Anda seorang pemula, jarak bukanlah segalanya. Anda tidak perlu berlari berjam-jam sekaligus. Sebaiknya, Anda tidak berlari lebih dari lima menit jika sebelumnya tidak pernah berlari,” ungkap Harfy pada Radar Cibubur ketika ditemui saat lari sore kemarin (19/12).

Kata dia, setiap orang yang ingin berlari bisa menggunakan pola 1 menit berlari lalu diikuti dengan 4 menit berjalan kaki. Lakukan ini berulang kali selama beberapa minggu. Setelah lebih dari 12 minggu Anda bisa berlari selama 20 menit sekaligus.

”Lalu yang kedua jangan terlalu cepat. Pelari pemula biasanya ingin lari secepat mungkin. Mungkin bisa dilakukan, tapi Anda bisa berakhir seperti ikan yang terdampar di daratan dan kehabisan napas. Cobalah berlari perlahan terlebih dahulu dengan santai,” bebernya.

Yang paling utama, kata Harfy, seorang pemula tidak perlu lari setiap hari dan berilah waktu untuk tubuh Anda beristirahat. ”Saat Anda istirahat usai lari, tubuh menjadi lebih sehat,” tukasnya. (dka/c)