25 radar bogor

Pramuka Apresiasi Pelantara 2017

FOTO KWARNAS for RADAR CIBUBUR KERJA SAMA: Para anggota Pramuka bersama TNI AL membentuk formasi usai sukses mengikuti Pelantara 2017 keliling laut Sumatera.

CIBUBUR–Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengapresiasi TNI Angkatan Laut yang menggelar Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII Sail Sabang Tahun 2017. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada TNI AL yang memberi kesempatan anggotanya mengikuti kegiatan keliling laut Sumatera.

”Pelantara VII Sail Sabang 2017 kali ini juga membawa adik-adik Pramuka keliling laut Sumatera sampai Jakarta. Terima kasih kami sampaikan kepada TNI Angkatan Laut, kwarda, kwarcab, pemda dan semua pihak yang terlibat menyukseskan kegiatan ini,” kata Adhyaksa di Jakarta, kemarin (19/12).

Kegiatan ini ditutup Sekretaris Dinas Pembinaan Potensi Maritim Mabesal Kolonel Laut (P) Imam Teguh S di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat, 15 Desember 2017.

Adhyaksa mengatakan, masyarakat tentu pernah mendengar istilah “ke laut saja”. Selama ini sebagian masyarakat menganggap laut itu sebagai tempat pembuangan. Kata-kata itu kerap diucapkan jika ada hal yang tidak disukai.

”Mindset seperti ini harus diubah. Kita, termasuk generasi mudanya, harus benar-benar sadar bahwa laut adalah masa depan bangsa Indonesia. Kekayaan alam yang luar biasa buat kita,” urainya.

Menurut pria yang hobi mendaki gunung ini, masyarakat harus bersyukur menjadi orang Indonesia. Pasalnya, banyak negara tidak memiliki laut, tapi wilayah NKRI, dua pertiganya adalah laut.

”Kita beruntung sekali jadi orang Indonesia. Yuk, sadari wilayah NKRI dua pertiga adalah laut. Kenikmatan terbesar yang Tuhan berikan kepada kita setelah keimanan adalah tanah air Indonesia,” papar doktor Teknik Kelautan Institut Pertanian Bogor ini.

”Pelantara ini sebulan, dikenang selama-lamanya oleh adik-adik Pramuka yang mengikutinya. Gerakan Pramuka juga punya tagline setiap Pramuka adalah kantor berita. Saya lihat mereka bangga mengunggah kegiatan ini di medsosnya masing-masing. Laut itu pemersatu bukan pemisah Indonesia. Kegiatan ini pun berkontribusi besar merekatkan anak-anak muda penerus kejayaan NKRI,” pungkasnya.

Peserta Pelantara VII asal Jawa Timur, Novairi Husain mengaku senang ikut kegiatan ini. “Ini pertama kalinya bisa mengelilingi Pulau Sumatera lewat laut. Saya jadi makin cinta tanah air,” ucapnya bangga.

Pelantara merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan TNI Angkatan Laut. Kali ini, lanjutnya, mengangkat tema “National Character Building”.(dka/c)