Beranda Bogor Raya Kebut Pembangunan Pakai Dana Desa

Kebut Pembangunan Pakai Dana Desa

CIGOMBONG–Dana desa (DD) yang telah digelontorkan membuat desa di Kabupaten Bogor terus menggeber pembangunan. Tak terkecuali Pemerintah Desa (Pemdes) Cigombong. Anggaran yang diterima langsung dialokasikan untuk membangun berbagai infrastruktur.

Seperti DD tahap pertama, Pemdes Cigombong membangun sepuluh titik infrastruktur. Di antaranya tiga titik betonisasi jalan, tiga titik pembangunan drainase, tiga titik pembangunan tembok penahan tebing (TPT), dan satu pembangunan sarana air bersih bagi warga.

Sementara untuk DD tahap kedua, Pemdes Cigombong membangun tujuh pos keamanan keliling (kamling) di dua kampung berbeda, yakni Kampung Cigombong dan Kampung Kongsi; dan pembangunan jalan lingkungan (jaling) di Kampung Cigombong dengan volume panjang 470 meter dan lebar satu meter.

universitas ibn khaldun bogor uika

Tak sampai di situ, dana yang ada juga digelontorkan untuk membangun fisik mad­rasah diniyah di Kampung Cigombong RT 16/02, dengan luas 15×3 meter. ”DD tahap pertama sudah selesai dikerjakan. Sementara DD tahap kedua telah kami sebar untuk berbagai pembangunan,” kata Kades Cigombong Ujang Saepuloh.

Berbagai pembangunan yang dibangun DD pun disambut antusias warga. Dengan pembangunan, mobilitas warga akan lebih mudah dan roda pere­konomian semakin lancar. ”Warga senang mimpi mereka ingin memiliki drainase, jalan, dan lain sebagainya bisa terwujud,” katanya.

Hal tersebut diamini warga Kampung Cigombong Endang (45). Ia mengaku jika warga sangat menantikan jalan lingkungan tempat tinggalnya mulus seperti sekarang. ”Sebelumnya rusak parah dan sekarang sudah bagus,” tutupnya. (don/mtr)