Beranda Bogor Raya Irigasi Jadi Lokasi Rekreasi

Irigasi Jadi Lokasi Rekreasi

Romadhoni/Radar Bogor FAVORIT: Warga asyik bermain di Bendungan Cimalam, Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, belum lama ini.

CIAWI–Bermain air masih menjadi favorit masyarakat, khususnya anak-anak. Seperti di Bendungan Cimalam, Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, yang dimanfaatkan warga berekreasi.

Meski hanya bendungan kecil, lokasi yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango ini memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan, hampir setiap hari selalu dipenuhi warga untuk sekadar main air. Selain bersih, saluran irigasi tersebut juga memiliki desain mirip perosotan.

Tak hanya penduduk Desa Cileungsi, karena keindahannya, kini Bendungan Cimalam banyak dikunjungi warga luar.

Juru Air UPT Pengairan wilayah Ciawi pada Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Dedi Supriyadi menjelaskan, Bendungan Cimalam dibangun untuk memperlancar aliran air.

Khususnya, bagi para petani di Desa Cileungsi. Lingkungan asri dengan pepohonan rimbun, kerap membuat warga betah berlama-lama di sana saluran irigasi tersebut. ”Kalau saya sih tentunya bahagia. Ternyata Bendungan Cimalam bisa jadi tempat main,” ujar Dedi kepada Radar Bogor.

Ia menambahkan, sejak rampung November lalu, Bendungan Cimalam banyak dikunjungi warga. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun datang hanya untuk berwisata air sambil diselingi makan siang bersama.

Kendati demikian, lanjut Dedi, ia mengingatkan warga yang berkunjung untuk mem­per­hatikan kebersihan. Sebab, sampah yang dibuang ke ben­dungan, akan menyumbat dan membuat irigasi kotor tak berfungsi. ”Lebih baik dibawa atau sediakan kantong kemudian dibuang di tempat sampah,” imbaunya.(don/c)