Beranda Bogor Raya Cijeruk Ingin Punya Stasiun

Cijeruk Ingin Punya Stasiun

ILUSTRASI: Jalur kereta menuju Sukabumi di Stasiun Paledang Bogor.

CIJERUK–Pengembangan double track atau jalur ganda rel kereta Bogor-Sukabumi akan melintasi Desa Cijeruk dan Palasari di Kecamatan Cijeruk. Kabar tersebut rupanya menjadi harapan baru bagi warga meningkatkan akses dan perekonomian wilayahnya.

Camat Cijeruk Hidayat Saputradinata mengatakan, proyek jalur ganda itu bersamaan dengan rencana pembangunan Terminal Cihideung. Oleh karenanya, kesempatan tersebut tak boleh disia-siakan. Pe­merintah Kecamatan Cijeruk, kata dia, bakal mengajukan permohonan pendirian stasiun yang dilintasi kereta.

”Ini harapan baru bagi masyarakat. Kami akan me­ngajukan melalui Dirjen Perkeretaapian Kementerian Per­hu­bungan,” ujar Hidayat kepada Radar Bogor, kemarin (18/12).

universitas pakuan unpak

Ia mengatakan, keinginan masyarakat masih dalam kajian. Sebagai salah satu destinasi pariwisata, akan banyak menarik kunjungan wisatawan. Warga dari Jakarta yang berkunjung juga bisa turun di stasiun tersebut. “Lahan bahkan sudah kami siapkan. Kami berharap bukan sekadar obrolan warung kopi,” pintanya.

Terpisah, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta, Edi Sukoco mengaku siap menampung keinginan masyarakat.

Kendati demikian, informasi tersebut harus dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan. “Saya harus komunikasikan dulu mengenai hal tersebut,” singkatnya. (don/c)