Beranda Metropolis Unjuk Kebolehan Seni Nusantara

Unjuk Kebolehan Seni Nusantara

SEMANGAT: Para siswa SMPN 15 Bogor unjuk kebolehan seni nusantara.

BOGOR–Kecerdasan tak hanya penting di bidang akademik saja. Kemampuan nonakademik juga perlu diasah. Itulah yang dilakukan SMPN 15 Bogor dengan menggelar pentas seni (pensi), Jumat (15/12).

Hampir 90 persen anak yang terlibat menampilkan bakat dan seni masing-masing maupun per kelompok. Ada yang menarikan tari jaipong, kecak, saman, tari India, bahkan dari Eropa lengkap dengan atributnya.

Kepala SMPN 5 Bogor Endang Mina mengatakan, sekolah mempunyai peranan penting untuk melestarikan dan mengembangkan hasil karya seni dan budaya tradisional.

“Karena itu, siswa sebagai pewaris seni dan budaya harus mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat menunjukkan eksistensi seninya di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Menurut Endang, anak didiknya hanya melakukan persiapan dalam beberapa bulan ke belakang. Mereka dibentuk dalam sebuah kelompok dan memilih budaya mana yang ingin ditampilkan.

Setelah itu, mereka pun melaporkan ide atau garapan tarian yang akan mereka pertunjukkan kepada guru kesenian untuk dievaluasi secara bertahap agar penampilan mereka maksimal. “Harapan kami, dengan ajang ini, jiwa nasionalisme mereka akan semakin tertanam dan lebih cinta kepada budaya daerahnya,” tambah Endang.(ran/c)