Beranda Bogor Raya Bentuk Karakter lewat Tadabur Alam

Bentuk Karakter lewat Tadabur Alam

TADABUR: Jamaah Majelis Taklim An-Nurriyah kompak mengenakan pakaian senada ketika tadabur alam ke Tangkuban Parahu, akhir pekan kemarin.

CIBUBUR–Tadabur alam merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal kemahabesaran Allah SWT yang mencipta­kan langit dan bumi serta segala isinya. Bukan berarti menyukai merenung sebagai media penghambur waktu, melainkan untuk mengenal ciptaan Tuhan.

Seperti yang dilakukan rombongan Majelis Taklim An-Nurriyyah Kota Wisata Cibubur yang melakukan trip ke Tangkuban Parahu, Bandung, Jawa Barat. Mereka memilih menghabiskan akhir pekan mereka dengan bertadabur melihat kekayaan Allah, kemarin (17/12).

”Sudah semestinya jika kita mengenal Allah melalui ciptaan-Nya. Dengan begini, terbentuklah sebuah character building yang setidaknya menambah keimanan dan ketakwaan kita,” jelas Pimpinan Majelis Taklim An-Nurriyyah Kota Wisata Cibubur, Ida Noorlaela.

universitas ibn khaldun bogor uika

Sambungnya pada Radar Cibubur, tadabur alam diambil dari bahasa Arab yang berarti perjalanan. Perjalanan menadaburi alam dengan maksud dan tujuan yang baik dan didasarkan niat kepada Allah SWT.

”Perjalanan yang dimaksud di sini bukanlah sebagai musafir yang melakukan perjalanan jauh. Melainkan perjalanan yang dianggap liburan dari kegiatan yang berlangsung lama, meninggalkan kegiatan kantor, meninggalkan sementara waktu pekerjaan,” sambung Ida.

Menurutnya, ada beberapa manfaat dari tadabur yang diadakan majelisnya. Pertama, kata dia, akan menguatkan rasa solidaritas antar-anggota dan mengukuhkan ukhuwah.

”Kita bisa memperbaiki kembali kereng­gangan dan membangun keber­samaan atau rasa peduli terhadap sesama. Insya Allah dengan begitu kita akan semakin kuat, semakin bisa mengenal satu sama lain,” pungkasnya.(dka/c)