Beranda Uncategorized Antisipasi Penyakit, Edukasi Peternak Ayam

Antisipasi Penyakit, Edukasi Peternak Ayam

CEGAH PENYAKIT: Para peternak ayam mendengarkan materi sosialisasi.

JONGGOL–Menyikapi kon­disi kelompok ternak ayam kampung di area Jonggol yang semakin memprihatinkan akibat virus penyakit, Dinas Pertanian Provinsi mengajak puluhan peternak ayam Kelompok Tani Berkah Jaya di wilayah Kampung Nyanye­ngeng, RT 01/01 Desa Singa­jaya, guna mengikuti acara sosialisasi di ruang kelas SDN Singajaya, kemarin.

Kepala Desa Singajaya, Neneng Ahmad Fauzi menera­ngkan, kegiatan yang dilakukan oleh dinas provinsi ini bertu­juan untuk membantu para peta­ni ayam. Para petani diajar­kan untuk mengantisipasi penyakit, serta cara mengatasi hewan ternak yang telah terja­ngkit penyakit. “Selain cara mengatasi juga diajarkan untuk antisipasi penya­kit,” ucapnya.

Dalam momen ini juga, para petani diterangkan meng­enai strategi pemasaran yang baik dan tepat. Sehingga, da­lam proses pemasaran para petani menemukan harga yang sesuai. “Petani sangat butuh strategi menjual hewan ternak­nya, karena acara ini sangat penting,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Kelompok Ternak Yoni Santoso menera­ngkan, kegiatan ini sudah lama ditunggu oleh para peta­ni. Dengan penyele­nga­raan kegiatan tersebut, pihak­nya bisa menjalin koordinasi dengan pemerintah saat petani mengalami kendala.

“Kami butuh peran pemerin­tah. Setelah acara ini kami bisa berkomunikasi pada peme­rintah. Mini­mal, konsultasi,” katanya.

Ia menerangkan, sebelumnya para peternak pernah merugi. Tiap bulan ayam ternak milik kelompoknya mati karena penyakit. Kondisi itu pada akhirnya mengancam kelom­pok ternaknya. “Seminggu bisa tiga ayam yang mati, dan sudah lebih dari 12 ekor mati bulan ini,” tuturnya.(azi/c)