Beranda Berita Utama Alumni IPB Satukan Ide

Alumni IPB Satukan Ide

BOGOR–Meningkatkan kebersamaan, Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) V di IPB International Convention Center (IICC).

Ketua Panitia Munas V HA IPB, Endro Siswoko menjelaskan, Munas sebagai ajang untuk menyatukan semua ide dan gagasan. “Bisa menjadi potensi yang hebat untuk organisasi dan pertanian Indonesia,” terang Endro, kemarin.

Alumni IPB, menurut Endro, harus mampu memberikan sumbangsihnya untuk kemajuan bangsa sesuai bidang dan profesinya masing-masing.

Munas V HA IPB pun beragendakan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Ketua Umum (Ketum) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) HA IPB masa bakti 2013–2017, Bambang Hendroyono dan Nelly Oswini.

Di hadapan para peserta Munas V HA IPB, Bambang mengatakan, kepengurusan dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan dari semua pihak.

Selama masa kepengurusannya, kata Bambang, setiap program yang dilakukan dan dicapai selalu berangkat dari visinya yaitu menjadikan organisasi yang solid dan bermanfaat untuk alumni, almamater, dan masyarakat.

“Pada visi tersebut, dibagi menjadi 4 poros yaitu kelembagaan dan potensi, alumni mitra almamater, mewujudkan pertanian berdaulat, dan pemberdayaan masyarakat,” kata Bambang.

Program dari poros kelembagaan dan potensi, di antaranya Koperasi HA IPB, yakni dengan terbitnya 1.347 kartu anggota, untuk poros Alumni Mitra Almamater yaitu terbentuknya Yayasan Alumni Peduli IPB berupa bantuan dana abadi untuk membantu studi mahasiswa.

“Sedangkan untuk menopang kedaulatan pertanian Indonesia, adanya program perkebunan buah di DPD dan DPC yang tersebar se-Indonesia sesuai potensi lokalnya masing-masing,” ungkap Bambang.

Selain itu, saat kepengurusannya juga Bambang mengatakan, banyak turut serta memberi masukan kebijakan untuk pemerintah. “Program pada poros pemberdayaan masyarakat, banyak kita lakukan dengan konkret seperti santunan anak yatim, kampanye makan ikan, aksi hijau nusantara, dan banyak lainnya” kata Bambang.

Di sisi lain, dalam surat dengan nomor 012/OC/MUNAS/HA-IPB/XII/2017 tertanggal 7 Desember 2017, Munas V HA IPB pun salah satu agenda adalah memilih Ketum dan Sekjen.(wil/c)