Beranda Nasional Agribisnis Selamatkan Lingkungan

Agribisnis Selamatkan Lingkungan

ismi/ radar bogor BANGGA : Bayu Krisnamurthi (kiri) menghadiri Expo SDGs, kemarin.
BOGOR–Ambisi pembangu­nan bersama hingga tahun 2030, ditunjukan dalam Sustainable Developement Goals (SDGs) yang dicanangkan bersama negara-negara lintas pemerin­tahan pada resolusi PBB.
Pada SDGs tersebut, ada 17 tujuan diantaranya ekosistem laut. Dalam poin tersebut, peran agribisnis sangatlah penting. Contohnya, permasalahan sampah yang mencemari laut bisa dituntaskan agribisnis dengan cara membuat plastik yang mudah terurai dengan bahan singkong, sawit, dan bahan pertanian lainnya.
Hal tersebut dipamerkan sekelompok mahasiswa Agribis­nis Institut Pertanian Bogor (IPB) kemarin (16/12) dalam kegia­tan Expo SDGs yang dila­kukan di kampus Baranang­siang. Menurut salah seorang Dosen Agribisnis yang meru­pakan mantan wakil menteri pertanian di era presiden SBY, Bayu Krisnamurthi, peran agri­bis­nis dalam mencapai SDGs 2030 sangatlah banyak.
“Jadi agribisnis itu punya peran yang besar pada SDGs, kalau kita lihat di SDGs nomor satu atau dua yang no poverty dan zero hunger, ini dua-duanya juga sangat berkaitan dengan agribisnis,” tuturnya.
Pada kegiatan Expo tersebut, 17 kelompok mahasiswa Agri­bisnis masing-masing me­nam­pilkan poster dan memberikan penjelasan mengenai peran agribisnis dalam menjawab poin-poin yang ada dalam SDGs tersebut.
Bayu mengapresiasi, pengeta­huan dan kreatifitas mahasis­wanya karena bisa menga­plika­sikan pelajaran yang mere­ka dapatkan pada saat kuliah di dalam kelas.
Ketua pelaksana kegiatan, Indra Kesuma menambahkan, kegiatan rutin setiap tahunnya sekaligus bagian dari salah satu mata kuliah yaitu Pembangunan dan Politik agribisnis. (cr1/c)