25 radar bogor

Preview Real Madrid vs Gremio: Bidik Trofi Ketiga

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo

ABU DHABI–Real Madrid sedikit lagi akan mempertahankan gelar juara Piala Dunia Antarklub. Mereka hanya perlu meng­a­lahkan juara Copa Libertadores, Gremio di partai final di Zayed Sport City, Minggu (17/12) dini hari WIB.

Baik Gremio dan Real Madrid sendiri mendapatkan keistime­waan di Piala Dunia Antarklub. Karena koefisien kompetisi mereka lebih tinggi daripada kontinental lain, mereka tidak perlu melakoni partai playoff dan babak perempat final. Langsung mendapat dua tempat di babak semifinal.

Gremio menghadapi juara CONCACAF Champions League Pachuca. Sementara Real Madrid menghadapi juara UEA Pro League Al-Jazira yang meng­antongi status sebagai tuan rumah. Pada pertan­dingan tersebut, kedua tim sempat kesulitan di mana El Real memenang­kan pertandingan dengan skor 1-2 melawan Al-Jazira setelah tertinggal 1-0 terlebih dahulu. Sementara Gremio berhasil mengalahkan Pachuca di babak tambahan waktu berkat gol semata wayang Everton Ribeiro.

Sebagai juara bertahan,Real Madrid sudah mengoleksi dua gelar. Namun mereka bukanlah tim tersukses di kompetisi ini, karena rival abadi Barcelona mengoleksi tiga trofi Piala Dunia Antarklub.

Gremio bisa dikatakan bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukkan El Real pada final nanti. Pasalnya tim besutan Renato Portaluppi ini finish di peringkat empat Serie A Brasil musim ini.

Motivasi Gremio untuk meme­na­ngkan laga ini tergolong cukup besar. Pasalnya mereka belum pernah sekalipun mengangkat trofi bergengsi ini semenjak 1983, di mana pada saat itu turnamen ini masih bernama Intercontinental Cup. Di tahun itu, mereka mengalahkan wakil Eropa Hamburg SV dengan skor 1-2 dan tidak pernah memena­ngkannya lagi hingga kini.(rur/bol)